logo

About Us

Program studi D IV Kebidanan merupakan Pendidikan vokasional dalam program pendidikan tinggi kebidanan yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin, secara mandiri dalam pelaksanaan dan tanggung jawab pekerjaannya, mampu bekerja secara profesional di tingkat pelayanan primer, sekuder dan tersier. Gelar Pendidikan Diploma IV Kebidanan adalah Sarjana Saint (S.Tr. Keb). Beban studi 151 SKS yang ditempuh dalam masa studi 8 semester.

Melalui pendidikan D-IV Kebidanan, diharapkan bidan mampu memberdayakan masyarakat  untuk berperan dalam peningkatan kesehatan ibu, balita, anak prasekolah, remaja dan lansia melalui upaya promotif dan preventif. Disamping itu lulusan diharapkan  mampu memberikan asuhan kebidanan mandiri pada kasus fisiologi,  mampu melakukan penapisan awal atau deteksi dini pada kasus – kasus kebidanan dengan penyulit serta mampu memberikan penanganan awal pada kasus-kasus kegawatdaruratan dan patologi kebidanan melalui tugas kolaborasi dan rujukan.

Untuk itu bidan harus mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang profesional agar mampu memberikan asuhan kebidanan secara optimal serta berkontribusi dalam penelitian terapan yang terkait dengan pelayanan kebidanan