Kuliah Umum Guru Besar Universiti Kebangsaan Malaysia


Informasi dan motivasi telah disampaikan oleh Prof. Amir Lutfi selaku rektor Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) saat memberikan kata sambutan Kuliah Umum pada Selasa, (04/09) 2018. Acara yang terselenggara untuk seluruh mahasiswa UP ini bertempat di halaman Gedung Rektorat UP dengan tertib.


Menariknya, Kuliah umum dengan tema “Eat Smart For Better Health” ini mendapat apresiasi positif dari mahasiswa UP karena turut menghadirkan  pembicara seorang guru besar  dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) yakni Prof. Ruzita Abd Thalib.


“Dalam mewujudkan misi Quality and enterpreunership, Universitas Pahlawan akan mendidik mahasiswa sesuai dengan standart akademik, ” tutur Prof. Amir Lutfi dalam sambutan Kuliah Umum.
Beliau juga mengungkapkan bahwa mahasiswa nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan setelah menjadi sarjana dari Univetsitas Pahlawan.


“Nawaitu.. mahasiswa harus pandai mencari kesempatan, belajar dengan tekun. Belajar sebanyak-banyaknya bahasa, agar anda-anda sekalian mencapai cita-cita dengan prestasi yang bagus” terakhir Prof. Amir Lutfi menambahkan dengan nada memberi semangat pada mahasiswa baru.


Rangkaian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pembicara Prof. Ruzita Abd Thalib mengenai Nutritional (gizi). Dan informasi atau materi mengenai tema acara disampaikan dalam bahasa melayu menambah antusias mahasiswa yang mengikuti Kuliah Umum ini.


“Makan juga bisa mendatangkan penyakit. Kebanyakan mahasiswa akan makan apa saja, tanpa memperhatikan waktu makan dan gizi dalam makanan” tutur pembicara Prof. Ruzita Abd Thalib dalam menyampaikan materi kuliah umum.


“Terakhir.. harus bisa mencari waktu untuk senam atau olahraga,misalnya berjalan 10 ribu langkah atau setara 8 Km per hari. Ini saya sampaikan agar dapat mengurangi stress dan dapat membuat fokus ketika adik-adik mahasiswa ketika belajar” tambah prof. Ruzita.


“Kita menggalakkan sumber yang ada untuk konsumsi sehat, tidak harus mahal tetapi bisa memakan sayur atau buah yang ada di lingkungan kita, semisal saja pisang sebagai buah, kemudian tempe sebagai protein untuk tubuh kita” ungkap Prof. Ruzita dalam menjawab pertanyaan dari Rebi, Seorang Mahasiswa yang mengikuti Kuliah Umum.


Rangkaian Kuliah umum ini ditutup dengan tanya jawab dari beberapa mahasiswa dengan pemateri Prof. Ruzita mengenai memakan makanan yang sehat dan bersih, dan pembacaan doa pra acara oleh mahasiswa Universitas Pahlawan .