L2 dikti Wilayah X Adakan Kunjungan ke Universitas Pahalwan Tuanku Tambusai (UP)

Universitaspahlawan.ac.id, UP – Dalam rangka Pengawasan, Pengendalian, dan Pembinaan (Wasdalbin), L2 Dikti Wilayah X mengutus lima orang perwakilan untuk meninjau borang yang dikirim oleh Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Selasa (23/10) 2018.

“Kegiatan ini sangat perlu kita adakan, menimbang untuk kemajuan Universitas kita dimasa mendatang. Selain itu, setiap tahunnya kita dapat meninjau seberapa besar peningkatan kualitas dari institusi kita” tutur M. Nizar Syarif Hamidi A.Kep.,M.Kes., Selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UP.

Beliau juga menambahkan bahwa Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Pahlawan telah membentuk standart sebagai tolak ukur kualitas yang akan tinjau kembali dalam kegiatan Wasdalbin, kemudian kegiatan ini juga difungsikan untuk memonitor peningkatan perguruan tinggi agar dapat berkembang secara fisik maupun nonfisik.

“Alhamdulilah semua data telah disiapkan oleh Universitas Pahlawan, kami perwakilan dari L2 Dikti Wilayah X hanya akan mengklarifikasi data yang telah dikirim” tutur Yuniarti, S.H.,M.Si, Kasubbag Hukum, Kepegawaian, dan Tata Laksana L2 Dikti.

Beliau juga berikan tanggapan positif atas sambutan yang baik dari Universitas pahlawan dan mengucapkan terima kasih atas hadirnya seluruh utusan prodi dalam kegiatan Wasdalbin.

Pelaksanaan Wasdalbin di bidang pengawasan adalah pelaporan PD Dikti yang dipantau secara rutin oleh Kopertis. Pelaksanaan Wasdalbin di bidang pembinaan adalah melalui kegiatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang berkelanjutan.

Pembinaan tersebut bertujuan agar Perguruan Tinggi dapat menjalankan tridharma perguruan tinggi sesuai dengan SN-Dikti melalui pelaksanaan SPMI serta untuk mendorong PTS untuk meningkatkan nilai akreditasi prodi maupun institusi.

Sebagai informasi, acuan Wasdalbin berpatokan kepada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 4 tahun 2014 dan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi.