logo

About Us

Program studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai didirikan berdasarkan SK Pendirian Prodi PGSD 60/E/0/2012 Tanggal 29 Februari 2012. Pendirian prodi PGSD bersamaan dengan didirikannya STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai. Pejabat Penandatangan SK Pendirian Prodi PGSD Pahlawan Tuanku Tambusai yaitu Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso. Saat pendirian tersebut menunjukkan keberadaan PGSD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai merupakan Program Studi PGSD PTS pertama di Provinsi Riau.

Tanggal 20 Januari 2017 STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai berubah bentuk menjadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Perubahan ini sebagai wujud untuk memberikan kesempatan yang lebih kepada masyarakat Riau agar mendapatkan pendidikan tinggi yang lebih berkualitas.

Sebagai prodi LPTK swasta pertama di Provinsi Riau keberadaan Prodi PGSD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai disambut baik oleh masyarakat dan stakeholders di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Kampar. Sambutan baik dari masyarakat ini dijawab oleh prodi dengan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Bentuk layanan yang diberikan dengan mencari Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di bidangnya seperti tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang mumpuni. Tenaga-tenaga tersebut didatangkan dari Perguruan Tinggi ternama di Indonesia seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI Bandung), Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Negeri Surabaya. Harapannya dengan tenaga pendidik yang kompeten diharapkan lulusan prodi PGSD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dapat bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lainnya serta membantu pemerintah dalam menyiapkan tenaga guru kelas yang handal dan berkualitas.

Dengan segenap pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan sikap, seorang calon guru SD:

  1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab.
  2. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
  3. Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, dan SBdP  melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.
  4. Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri.
  5. Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.
  6. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan tinggi.
  7. Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.