Mahasiswa PGSD UP Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Di SLB Kasih Ibu

Universitaspahlawan.ac.id , UP – Kenali lebih dekat lingkungan pendidikan Sekolah Luar Biasa (SLB), Mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) kunjungi Yayasan Bina Kasih Ibu, Rabu (19/06) 2019.

“Sebagai calon pendidik, kami tentunya tentunya lebih mengeksplor lagi kegiatan peserta didik, terlebih lagi memperhatikan kebutuhan dari peserta didik, apalagi yang memiliki kebutuhan khusus” tutur Arif Fadhilah, mahasiswa Prodi S1 PGSD UP, kampus Pekanbaru.

Arif juga menyebutkan, pendidikan inklusi (sistem layanan untuk anak berkebutuhan khusus) yang dipelajari dikelas tidak hanya sebatas teori, melalui praktek mengajar dan melihat langsung di SLB Kasih Ibu, bagaimana anak berkebutuhan dapat menyerap informasi dari tenaga pendidik.

Kunjungan Mahasiswa PGSD UP ke SLB Kasih Ibu juga dalam rangka mencari wadah belajar, tentang bagaimana mengajar seorang difabel (Berkebutuhan Khusus) tanpa harus pisahkan kelasnya. Difabel dapat belajar bersama dengan siswa biasa lainnya. Mahasiswa semester enam ini mendapat sambutan baik dari pihak pengelola SLB.

Terakhir Arif berpendapat, sebelum lulus dan menjadi seorang guru, ia dan mahasiswa lainnya dapat belajar mengenali karakter peserta didik. Selain itu sebagai seorang guru nantinya, mereka harus mampu memotivasi siswanya agar menjadi lebih baik, dapat memperbaiki kekurangan mereka dan meningkatkan terus kelebihan-kelebihan yang mereka miliki.