Mahasiswa DIV Kebidanan UP Adakan Gerakan PHBS di Kecamatan Tapung

Universitaspahlawan.ac.id, UP – Mahasiswi Program Studi (Prodi) DIV Kebidanan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) adakan gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Desa Bencah Kelubi, Kecamatan Tapung, Minggu (21/07) 2019.

Menurut Ketua Prodi DIV Kebidanan, Fitri Apriyanti, M.Keb, kegiatan ini juga bisa menambah wawasan mereka, dan ini merupakan bekal untuk mereka nantinya jika menjadi seorang bidan. Karna bidan itu berbaur dengan masyarakat dan juga memantau bagaimana kesehatan di masyarakat.

Beliau juga mengungkapkan, kegiatan PHBS ini bagus, karena menunjang pembelajaran mahasiswa di kampus, ini dapat dihitung sebagai praktik dari teori yang didapat di kampus. Dengan turun kelapangan mahasiswa bisa mengetahui bagaimana keadaan di lapangan tersebut dan mereka bisa menerapkan teori yang mereka dapatkan di kampus.

“Puluhan ibu-ibu dan anak-anak datang ke acara PHBS yang kami selenggarakan, menurut kami kegiatan seperti ini masih sangat diperlukan di desa-desa, apalagi masalah kesehatan sebaiknya memang seperti ini, karena ini merupakan bentuk pencegahan yang efisien” tutur Endah Korina, Mahasiswi DIV Kebidanan UP.

Korina menyebutkan, mahasiswa kebidanan dibagi atas 2 kelompok diantaranya, kelompok SD yang menjalankan gerakan PHBS di sekolah, kelompok kesmas, menjalankan gerakan PHBS di rumah tangga mengenai jamban.