Beginilah Cara Mahasiswa UP Melawan Bencana yang Sedang Terjadi di Riau

Universitaspahlawan.ac.id, UP – Bencana kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau belum hingga saat ini belum mereda. Sivitas akademika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) melaksanakan Sholat Istisqa, Kamis (19/09) 2019, di Depan Asrama Putri Universitas Pahlawan.

“Kita harapkan dengan meminta bersama-sama meminta kepada Allah, dengan melaksanakan Sholat Istisqa dan berdoa, semoga Allah menurunkan rahmat kepada kita dan mendatangkan hujan untuk menghilangkan kabut asap ini” tutur Moh. Fauziddin, M.Pd., selaku Khatib dan Imam dalam pelaksanaan Sholat Istisqa yang diselenggarakan.

Alfa Rebi selaku panitia pelaksana Sholat Istisqa menyebutkan bahwa mahasiswa Universitas Pahlawan akan merencanakan untuk membentuk kepanitiaan mendirikan posko pengobatan gratis bagi korban bencana kabut asap.

“Kita dari mahasiswa akan membentuk kembali kepanitiaan untuk membuka stand pengobatan gratis bagi korban kabut asap. Tentunya kita akan meminta bantuan dari mahasiswa Fakutas Ilmu Kesehatan (FIK) UP, terutama mahasiswa Prodi Keperawatan” sambung Rebi kepada Tim Humas Universitas Pahlawan.

Menurut Rebi, mahasiswa Universitas Pahlawan punya cara yang berbeda dalam membantu masyarakat korban kabut asap, dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini. Mahasiswa UP ini juga akan mengajak pihak pemerintah dan pengamanan seperti anggota Kodim di Kabupaten Kampar untuk turut andil dalam pendirian posko pengobatan, mahasiswa UP juga siap berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan Karhutla dan kabut asap.