PBL Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UP Membantu Masyarakat Menyelesaikan Masalah Kesehatan di Desa Pulau Jambu

Universitaspahlawan.ac.id, UP – Dalam rangka acara penutupan kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL), mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dan Prodi S1 Gizi mengadakan beberapa rangkaian acara untuk terwujudnya gerakan hidup sehat, Selasa (14/01) 2020, di Desa Pulau Jambu, Kelurahan Air Tiris, Kecamatan, Kec. Kampar, Kabupaten Kampar.

“Dalam penyelenggaraan PBL, kami tidak hanya memantau status kesehatan masyarakat desa, namun karena setiap tahunnya PBL ini dilaksanakan oleh dua program studi yaitu Kesmas dan gizi, maka kami melakukan beberapa rangkaian acara untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat seperti, cek kesehatan, penyuluhan kesehatan, dan pemantauan status kesehatan” tutur Wahyuni Usman mahasiswa PBL dari Prodi Kesmas UP.

Wahyuni juga menuturkan bahwa pada penutupan PBL kedua prodi berkolaborasi membuat perlombaan cuci tangan menggunakan sabun, lomba rumah sehat dan keluarga PHBS, live cooking, lomba berita sehat, lomba apresiasi lansia sehat. Untuk menumbuhkan motivasi masyarakat, mahasiswa Kesmas dan Gizi ini menyediakan beberapa hadiah untuk perlombaan yang diadakan.

Leni Marlina, salah seorang bidan Desa Air Tiris yang hadir pada acara tersebut mengungkapkan bahwa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa melalui Praktik Belajar Lapangan (PBL) sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Menurutnya, kegiatan mahasiswa dua Prodi ini dianggap sangat membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan di Desa Air Tiris.

Dokumentasi Kegiatan