Meeting of Virtual International Webinar Nursing Care of Patients with Coronary Heart Disease

  1. Pembukaan oleh Nila Kusumawati, S.Kep, Ns, MPH, selaku Ketua International Relation Office (IRO) Universitas Pahlawan, dan selaku Ketua panitia pelaksana International Webinar sekaligus sebagai Moderator

Pembukaan yang berisi tentang Dukungan terhadap program International Webinar mengenai Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Penyakit Jantung Koroner (Nursing Care of Patients with Coronary Heart Disease).  Dan penyampaian ucapan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia menjadi pemateri pada webinar hari ini dan juga kepada mahasiswa yang telah berpartisipasi.

  1. Penyampaian Materi oleh Lee Wan Ling, selaku pembicara perwakilan dari University Malaya

Pembicara menjelaskan materi tentang Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Penyakit Jantung Koroner. Tetapi sebelum memasuki materi tersebut, Pembicara menjelaskan patofisiologi terjadinya penyakit jantung coroner, faktor risiko dan tanda gejala penyakit jantung koroner, komplikasi yang terjadi, serta penatalaksanaan dan rehabilitasi yang dapat diberikan kepada pasien dengan penyakit jantung koroner. Kemudian Pembicara menjelaskan Konsep Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan Penyakit Jantung Koroner dimulai dengan proses Pengkajian  dengan mengidentifikasi faktor risiko terjadinya CHD (Coroner Heart Disease), mengkaji cardiac output status, myocardial ischaemia, dan cardiopulmonary congestion. Proses selanjutnya menentukan Diagnosa keperawatan berdasarkan analisa data pada pasien CHD seperti diagnosa Nyeri Akut dan Risiko Ketidakefektifan Perfusi Jaringan. Proses selanjutnya merumuskan Intervensi Kemudian Implementasi yaitu pelaksanaan tindakan sesuai intervensi yang telah disusun dan proses yang terakhir tentunya melakukan Evaluasi. Beberapa implementasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi beban kerja miokard jantung diantaranya memberikan waktu istirahat dan waktu tidur yang cukup, mengurangi rasa takut dan cemas, menyediakan makanan lunak yang mudah dicerna,dan menjaga kebutuhan hyegenene.

  1. Sesi Tanya Jawab kepada pembicara

Ada beberapa pertanyaan oleh mahasiswa tentang materi yang disampaikan :

  1. Apa tindakan pertama kali yang diberikan ketika penyakit jantung seseorang kambuh kembali?

Deva Nanda

  1. Apa yang kita lakukan sebagai tenaga kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat awam yang masih banyak tid?

Hanifa

  1. Bagaimana patofisologi pasien penyakit jantung yang juga mengalami arthritis? Ns. Apriza, M.Kep

Theme:

Nursing Care of Patients with Coronary Heart Disease

 

Moderator:

Nila Kusumawati, S.Kep, Ns, MPH

 

Guest speaker:

Dr. Lee Wan Ling

 

Meeting platform:

Online

 

Application platform:

Zoom meeting

 

Place of Signing:

Indonesia , Malaysia

 

Date/day:

Tuesday, March 30, 2021

 

Time:

10:00-11:45 am Indonesian time

 

Participants:

Students of Nursing Department Health Faculty

 

Number of Participant:

110 people