Meeting of Virtual International Webinar Breast Self Examination

Susunan  Acara

  1. Pembukaan oleh Erlinawati, M.Keb, selaku Moderator dan Perwakilan International Relation Office (IRO) Universitas Pahlawan

Pembukaan yang berisi tentang Dukungan terhadap program International Webinar mengenai Sadari Pemeriksaan Payudara Sendiri (Breast Self Examination). Dan penyampaian ucapan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia menjadi pemateri pada webinar hari ini dan juga kepada mahasiswa yang telah berpartisipasi.

  • Penyampaian Materi oleh Dr. Chui Ping Lei, selaku pembicara perwakilan dari Nursing Department, Faculty of Medicine, University Malaya

Pembicara menjelaskan materi tentang Ibu Menyusui. Pembicara mengawali materi dengan konsep teori meliputi pengertian, waktu kapan dilakukannya, waktu terbaik dilakukannya, dan siapa saja yang harus melakukan pemeriksaan payudara sendiri (termasuk wanita dengan pemakaian implant payudara). Yang menjadi fokus materi hari ini Pembicara menjelaskan tahapan dalam melakukan pemeriksaan payudara sendiri meliputi Tahap Pertama yaitu Melihat, berdiri didepan cermin dan perhatikan payudara dalam 3 posisi(lengan dikedua sisi tubuh,lengan terangkat dia atas kepala menekuk tubuh kedepan dan letakkan tangan dipinggul dan bungkukkan badan), Tahap Kedua yaitu Meraba, bagian datar dari 3 jari tengah tangan dalam 4 posisi (periksa bagian luar payudara, gunakan 3 jari tengah yang buan ujungnya untuk bergerak dalam lingkaran kecil seukuran uang koin, lanjutkan lingkaran pada ketiak dan turun pada garis bra dan terakhir melakukan pemeriksaan dalam payudara), Tahap Ketiga yaitu respon atau tanggapan, jika menemukan benjolan atau melihat hal yang tidak seperti pada normalnya, jangan panic. Karena tidak semua benjolan yang ditemuan bersifat kanker, segera temui dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Pemateri juga menjelaskan bahwa deteksi dini dapat menyelamatkan nyawa, pada usia 20-39 tahun wajib melakukan pemeriksaan payudara sendiri satu kali sebulan, antara 7-10 hari dari awal menstruasi dan pada usia 40 tahun keatas untuk wanita yang sudah menopose lakukan setiap bulan pada tanggal tertentu di bulan tersebut.

  • Sesi Tanya Jawab kepada pembicara

Pertanyaan oleh mahasiswa tentang materi yang disampaikan:

  1. Apakah akan mengubah fisiologi normal payudara ketika seseorang dengan pemakaian implant payudara dan apakah akan berbeda saat melakukan breast self examination? (Ayu Dahlia, D4 Kebidanan)
  2. Apa hal pertama yang kita lakukan untuk mencegah/ terhindar dari kanker payudara?(Meuthia maulidda, S1 Keperawatan)

Theme:

Breast Self Examination

Moderator:

Erlinawati, M.Keb

Guest speaker:

Dr. Chui Ping Lei

Meeting platform:

Online

Application platform:

Zoom meeting

Place of Signing:

Indonesia ,Malaysia

Date/day:

Friday, April 16, 2021

Time:

10:00-11:00 am Indonesian time

Participants:

Students of Nursing and Midwife Department Health Faculty

Number of Participant:

130 people