Agenda Silaturahmi Universitas Pahlawan, Persiapkan Calon Mahasiswa Mendapatkan Program Hingga Beasiswa Internasional

Universitaspahlawan.ac.id , UP – Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA)
sederajat menghadiri agenda silaturahmi dengan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Kamis, 24 November 2022.

” Kami merasa senang dibawa untuk berkeliling dikampus UP, ini luar biasa bagi kami, kami tinggal menunggu tindak lanjut kerjasama kita, agar bisa disampaikan kepada siswa siswi, dan kita akan lakukan persiapan. Apa yg dilakukan pada hari ini tentunya akan mendarangkan hal positif.” Imbuh M Hendra Yunal, S.Pd., M.Si., selaku perwakilan SMA 1 Bangkinang kota.

M. Hendra Yunal, S.Pd., M.Si., perwakilan kepala sekolah yang memberikan kata sambutan menyampaikan bahwa setiap kepala sekolah yang hadir dalam silaturahmi memiliki kesan yang bagus terhadap Universitas Pahlawan.

“Kita bersyukur pada Allah dapat bersama-sama bersilaturrahmi antara Universitas Pahlawan dengan stakeholder. Kami merasa yang dilakukan UP jika tidak akan lebih baik jika tidak didukung oleh Bapak/Ibu Kepala Sekolah.” Tutur Rektor UP, Prof. Dr. Amir Luthfi.

Beliau menyampaikan bahwa insha Allah kedepannya ada aktifitas yang berarti antara UP dan stakeholder. Beliau merasa bahwa apapun yang menjadi kebutuhan stakeholder, tentunya menjadi acuan dalam peningkatan, agar kedepannya UP lebih mantap dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami berharap Universitas Pahlawan dapat menjadi bahagian dari stakeholder. Disamping silaturrahmi, kami ingin menyampaikan program dari Universitas Pahlawan.” Tambah Rektor UP.

“Kita membuka kelas kerjasama dengan ITB dan IPB, kita sudah melaksanakan semiloka awal November lalu. Jadi bentuk kerjasamanya adalah dual degree, dan ini telah dirintis untuk teknik sipil, industri dan informatika. Kemudian untuk IPB sudah dirintis untuk Biologi dan Peternakan..” Ungkap Kepala Lembaga Kerjasama UP, NIla Kusumawati, MPH.

“Program lainnya untuk luar negeri ada 3+2, dan sudah kita laksanakan beberapa kali dengan partner kita di Taiwan. Diantara dosen kita sudah ada lulusan dari sana, kemudian ada dosen kita yang melanjutkan kembali S3 di Taiwan.” Tambahnya

Beliau menghimbau kepada kepala sekolah yang hadir agar bisa bekerjasama untuk peningkatan bahasa inggris bagi siswa siswa agar bisa membuka peluang untuk program-program kita selanjutnya. Beliau juga menginformasikan karena adanya kerjasama, Alumni Universitas Pahlawan juga sudah bekerja hingga Arab Saudi untuk bidang Keperawatan.

“Alhamdulillah mahasiswa kita hingga tahun ini terus meningkat dan mencapai 5 ribu, memang mahasiswa kami lebih banyak dari kabupaten kampar, bahkan sampai dari Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Memang ikatan kerjasama kita telah tertuang dalam bentuk MoU beberapa tahun lalu tentang tri dharma.” Tutur Ns. Hj. Apriza, M.Kep, Selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Menurut Beliau, berdasarkan tracer study alumni UP telah banyak yang di terima dan memang dikatakan bernas. Artinya berhasil. Beliau mengharapkan dengan adanya program UP dengan Partners kerjasama dapat konsisten bertujuan untuk mengembangkan kampus yang merupakan milik kita semua.

“Kita tentunya berharap menjadi ikon kabupaten kampar. Tentu kami mengharapkan perpanjangan tangan untuk siswa kita kelas XII, supaya kelas kerjasama bisa kita bisa terisi. Kami dari kemahasiswaan juga berusaha untuk mendapatkan kuota beasiswa agar bisa membantu mahasiswa dengan ekonomi lemah.” Tambah Ns. Hj. Apriza, M.Kep.

DOKUMENTASI KEGIATAN