Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Siap Kembangkan Inovasi Kesehatan Digital

Universitaspahlawan.ac.id , UP – Untuk menciptakan lulusan yang dapat menguasai sistem informasi kesehatan secara digital, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) mengadakan Workshop Inovasi Kesehatan Digital, Kamis, (17/04) 2019.

Dewi Anggriani Harahap, M.Keb selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan menuturkan, setiap Program Studi diharapkan mempunyai ide yang dapat dimanfaatkan dan direalisasikan melalui aplikasi atau output yang membantu pengguna dalam bidang kesehatan.

“Revolusi industri 4.0 mengubah pola pikir manusia yang disebut Internet of Think, berbagai kegiatan termasuk pembelajaran dalam ilmu kesehatan lebih mudah dan efisien dengan adanya output maupun inovasi kesehatan digital berupa layanan aplikasi” tutur Anis Fuad, S.Ked, DEA., Ph.D, Pakar Inovasi Kesehatan Digital dari Universitas Gadjah Mada.

Beliau Juga berharap agar lulusan UP nantinya mampu mengolah informasi kesehatan dan memberikan pelayanan berbasis kesehatan digital, sehingga di masa depan akses mengenai informasi kesehatan akan lebih mudah dan murah melalui output dari inovasi kesehatan digital.

Inovasi kesehatan digital bisa di kembangkan Universitas Pahlawan dengan mengajak bidang keilmuan lain untuk berkolaborasi, misalnya keilmuan kesehatan berkolaborasi dengan bidang keilmuan Teknik Informatika dalam mengembangkan Aplikasi yang nantinya akan memunculkan aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam memecahkan berbagai masalah kesehatan.

Dikutip dari laman Kemkes.go.id, World Health Organization (WHO), bahwa dunia kesehatan menyusun strategi global terhadap kesehatan digital yang akan terus ditingkatkan hingga tahun 2023 mendatang. Inilah alasan dari setiap Fakultas di Universitas Pahlawan terus dinamis disetiap revolusi industri yang terus berkembang, termasuk Era 4.0.