Dosen S1 Gizi Sebutkan Beberapa Manfaat Dietetik

Universitaspahlawan.ac.id , UP – Dosen Program Studi (Prodi) S1 Gizi, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) berikan Informasi mengenai manfaat dietetik, Sabtu (04/05) 2019.

“Praktek dietetik merupakan praktik penerapan ilmu dan seni pengaturan jenis serta jumlah makanan berdasarkan kondisi kesehatan, sosial, ekonomi, dan kebutuhan gizi” tutur Besti Verawati, S.Gz.,M.Sc., Dosen Pembimbing praktik dietetik gizi.

Beliau menambahkan bahwa sebagai calon ahli gizi, mahasiswa mendapatkan benefit mempelajari mengenai dietetik, seperti mampu menyiapkan dan memporsikan menu diet sesuai dengan jenis penyakit yang diderita oleh seorang pasien.

Praktek dietetik sendiri, terdiri dari dietetik penyakit menular dan infeksi, dietetik penyakit tidak menular. Makanan olahan yang mempunyai nilai gizi dietetik ini bisa diterapkan pada seluruh kelompok usia, mulai bayi, balita, anak, remaja, dewasa, dan lansia untuk seluruh jenis penyakit yang diderita.

seorang ahli gizi bisa memasak makanan berdasarkan kasus dari pasien yang ditangani serta melalui diagnosa klinis seorang dokter, kemudian akan dibuat Nutritional Care Process (NCP) oleh ahli gizi. Menu makanan yang akan dimasak disesuaikan dengang prinsip, syarat dan tujuan diet sesuai jenis penyakit diderita seorang pasien.