Limbah Kulit Manggis Menjadi Donat Tinggi Antioksidan

Universitaspahlawan.ac.id, UP – Sulap limbah kulit buah manggis yang terkenal pahit menjadi olahan donat lezat yang tinggi antioksidan dan serat. Nur Fitriana, S.Gz sebutkan donat ini cocok sebagai jajanan sehat anak sekolah, Senin (17/06) 2019.

Fitriana merupakan alumni tahun 2018, Program Studi (Prodi) S1 Gizi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai yang berhasil membuktikan bahwa tepung limbah kulit manggis memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, setelah diolah menjadi makanan manis seperti donat.

Jenis roti yang yang digoreng dan memiliki bentuk khas, yaitu bulat dengan lobang ditengah ini, sangat baik diformulasikan dengan tepung kulit manggis, karena memunculkan rasa yang khas dan warna yang lebih kuning dibanding donat yang dibuat dari tepung terigu.

“Melalui penelitian eksperimental dan uji kandungan gizi di laboratorium, donat yang saya formulasikan terbukti memiliki kandungan antioksidan 2.2 µg/mL dan serat pangan 89.7%” tutur Nur Fitriana.

Ia juga menjelaskan bahwa tepung limbah kulit manggis ini tidak merubah sedikitpun cita rasa dari donat yang dibuat, meskipun pada dasarnya kulit manggis memiliki rasa pahit, melalui pengolahan yang panjang hingga menjadi tepung, rasa pahit dari kulit buah manggis dapat dinetralisir.

Sebanyak 7000 Gram kulit buah manggis dapat menghasilkan tepung sebanyak 400 Gram. Tahap pengolahan yang dimulai dari memotong kecil-kecil kulit buah, kemudian direbus 15 menit, dikeringkan menggunakan oven, dilanjutkan ke tahap terakhir yaitu dihaluskan menggunakan blender hingga menjadi tepung.

Besti Verawati, S.Gz.,M.Sc. seorang dosen S1 Gizi dari Universitas Pahlawan menuturkan bahwa dalam satu lingkaran donat yang diformulasi dari tepung kulit manggis memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh.

“Formulasi donat ini mengandung antioksidan dimanfaatkan oleh tubuh sebagai penangkal radikal bebas, sedangkan serat pangan yang tinggi dapat membantu proses pencernaan” tambah Besti, yang juga merupakan pakar gizi.

Beberapa kandungan donat formulasi tepung kulit buah manggis yang disebutkan Besti ini diantaranya, kadar air 7.64%, kadar abu 2.79%, kadar protein 5.2%, kadar lemak 4.22%, karbohidrat 80.15%, antioksidan 2.2 µg/mL dan kandungan serat 89.7%.