Mahasiswa KKN UP Mengadakan Penanaman 1000 Pohon di Desa Silam

Universitaspahlawan.ac.id, UP – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) Desa Silam, Kecamatan Kuok mengadakan penanaman 1000 pohon. Masyarakat ikut serta dalam kegiatan yang di inisiatif mahasiswa KKN ini, Kamis (01/07) 2019.

“Menurut saya kegiatan ini bagus, mereka bisa berkoordinasi dengan pihak luar, secara tidak langsung mereka mengenalkan kampus kepada pihak luar melalui kegiatan KKN. Mahasiswa jadi lebih dekat dengan masyarakat, memahami masalah yang terjadi di Desa KKN tersebut” tutur Vitri Anggraini Hardi, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Desa Silam kepada Tim Humas.

Menurut Putri Hana, M.Pd., yang juga merupakan DPL Mahasiswa KKN UP Desa Silam, KKN ini menjadikan mahasiswa lebih survive dalam mencari kegiatan yang cocok dilaksanakan di Desa KKN, disana mereka juga belajar banyak mengenai pendekatan kepada masyarakat sebelum menjadi sarjana, seperti yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Desa Silam.

Elfila juga menuturkan bahwa mahasiswa KKN UP Desa Silam mendapat 425 bibit sirsak, 425 bibit Petai dan 150 bibit Pulai. Mereka sangat senang mendapat seribu bibit tersebut, bibit-bibit tumbuhan ini didapat dari pengajuan proposal ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, cabang Pekanbaru.

Mahasiswa KKN Desa Silam membagikan setiap pohon yang didapat dengan mengantarkan langsung menggunakan gerobak kerumah-rumah warga. Mereka mengakui bahwa kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat.

Elfila juga menyebutkan bahwa selain kegiatan ini, mereka sudah menyiapkan list Program Kerja (Proker) yang akan dilaksanakan jelang KKN Usai di Akhir Agustus Mendatang. Proker mahasiswa KKN UP Desa Silam ini berjalan sukses. Atas dasar tersebut, proker ini bisa dijadikan sebagai model untuk diterapkan di 10 Desa KKN UP Lainnya, terkhususnya bagi desa yang membutuhkan penghijauan.

Dokumentasi Kegiatan