Universitas Pahlawan Tandatangani Kerjasama Dengan Indonesia Diaspora Network Amerika Serikat

Universitaspahlawan.ac.id, UP – Prof. Dr. Amir Luthfi, Rektor Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) adakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Indonesian Diaspora Network United States of Amerika, Senin (12/08) 2019, di Jakarta.

“UP berhasil menandatangani kerjasama internasional dengan Indonesian Diaspora Network Amerika Serikat. Penandatanganan dilakukan bersama Presiden Diaspora Amerika Serikat, Prof.Herry Utomo yang didampingi oleh istrinya yang juga seorang profesor di Louisiana State University, USA. Kami sepakat bahwa kerjasama ini akan diimplementasikan secepatnya” tutur Prof. Dr. Amir Luthfi kepada tim Humas Universitas Pahlawan.

Ketua International Relations Office (IRO) UP menuturkan bahwa IRO akan segera mempersiapkan tindak lanjut kerjasama yang akan dituangkan dalam bentuk Memorandum of Agreement. Program online distance learning adalah implementasi kerjasama pertama yang akan dilaksanakan bulan depan. Setelah itu IRO akan mempersiapkan implementasi kerjasama berikutnya seperti kunjungan Rektor UP ke Louisiana State University, pengiriman native speaker berkala dari United States (US) untuk peningkatan kemampuan bahasa Inggris dosen dan mahasiswa UP, joint research dan publication, US Stunting charity program di Kabupaten Kampar.

Menurut penuturan beliau, kerjasama ini merupakan pencapaian terbesar Universitas Pahlawan. Alasannya, banyak kesempatan dan manfaat yang dapat diambil oleh UP nantinya. Diaspora Amerika Serikat mempunyai banyak intelektual, seperti peneliti dan profesor hebat yang mempunyai komitmen untuk memajukan bangsa.

Dalam sesi wawancara, Ketua IRO Universitas Pahlawan juga menuturkan bahwa Diaspora Amerika Serikat juga akan memfasilitasi UP untuk segera bekerjasama dan memiliki sister schools dengan beberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Louisiana dan Chicago. Hal ini sejalan dengan rencana UP untuk merealisasikan pembangunan SMP dan SMA unggul di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Bukan hanya itu, beliau menyebutkan bahwa kerjasama ini juga akan berlanjut pada pemberian kesempatan beasiswa lanjut program magister dan doktoral di Amerika Serikat kepada alumni, dosen, pegawai maupun tenaga pendidik di lingkungan Universitas Pahlawan.

“Prof. Herry dan istri punya peranan penting pada pengelolaan beasiswa yang sedang marak di Indonesia saat ini, LPDP. In syaa Allah kita bisa banyak belajar dari mereka tentang seluk beluk beasiswa ini dan membantu dosen, pegawai, mahasiswa, dan alumni kita untuk mendapatkannya dan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Ini salah satu cara UP untuk ikut berkontrobusi meningkatkan kualitas anak bangsa”, tuturnya.

Dokumentasi Kegiatan