Datangkan Pembicara dari University of Malaya Universitas Pahlawan Adakan Workshop Publikasi Jurnal

Universitaspahlawan.ac.id, UP – Menyadari pentingnya publikasi jurnal Internasional, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai mengadakan Research Trainning dengan topic “How to Write Publishable Manuscript and Publish it in An International Journal”, Rabu (02/10) 2019, di Ruang Rapim.

“Acara ini sangat bermanfaat sekali tentunya bagi dosen-dosen di Universitas Pahlawan, selain membagi tips dan trik agar lolos publikasi jurnal terindeks di laman Thomson ISI Knowledge atau di Scopus SJR Journal Ranking, juga bermanfaat memenuhi syarat dari Kemenristekdikti untuk menaikkan pangkat dan gologan sebagai dosen” tutur Dewi Anggriani Harahap, M.Keb., Kepada Tim Humas UP.

Beliau juga menyebutkan bahwa DIKTI akan memeriksa apakah dosen sudah memiliki publikasi yang terindeks di laman Thomson ISI Knowledge atau di Scopus SJR Journal Ranking. Hal ini juga digunakan sebagai syarat kenaikan jabatan ke Guru Besar (Professor) atau kenaikan jabatan ke Lektor Kepala (Associate Professor).

“Dalam workshop ini kami banyak mendapatkan tips dan kiat agar lolos publikasi jurnal terindeks di laman Thomson ISI Knowledge atau di Scopus SJR Journal Ranking, beberapa diantaranya mengenai manajemen waktu, membuat manuscript sesuai template junal, hingga kiat-kiat menyelesaikan permasalahan publikasi jurnal” tutur Vitri Anggraini Harnardi, M.Pd., seorang dosen dari Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris yang mengikuti workshop tersebut.

Sebagai informasi publikasi jurnal Internasional ini tercantum di berbagai regulasi diantaranya (UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen pasal 60; UU No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 4; Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara no 17/2013 tentang Jabatan Fungsional dan Angka Kredit Dosen pasal 7). Agar dapat memenuhi tujuan pendidikan tinggi (pasal 5 UU No 12/2012), maka dosen diwajibkan menyebarluaskan karya-karya tersebut dalam publikasi ilmiah (pasal 12 UU No 12/2012; dan pasal 49 UU No 5/2014). Jenis publikasi ilmiah ini, menurut pasal 8 Permenpan No 17/2013, dapat berbentuk buku referensi, buku ajar, monograf, artikel di media massa, dan jurnal ilmiah nasional dan internasional.

Dokumentasi Kegiatan