Praktik Inovasi Makanan Mengembangkan Kreatifitas Mahasiswa Program Studi S1 Gizi Universitas Pahlawan

Universitaspahlawan.ac.id , UP – Mahasiswa S1 Gizi adakan praktikum inovasi kuliner, kali ini mahasiswa gizi mendapatkan tantangan membuat inovasi makanan dari Ikan Dori (Ikan Patin), disetiap minggunya mahasiswa ini mendapat tantangan dengan tema berbeda, Senin (9/12) 2019.

“Jadi, pada tema praktikum mahasiswa kali ini memasak makanan pokok, makanan yang bebahan dasar patin dan nenas, kali ini dikombinasikan dengan nenas” tutur Widawati, SP., MHSc., MSSc., selaku dosen pembimbing mata kuliah Inovasi Gizi Kuliner.

Beliau juga berpendapat bahwa dengan adanya praktik dapat mengembangkan kreatifitas mahasiswa. Dengan demikian, setelah menyelesaikan pendidikan dibangku kuliah mahasiswa dapat membentuk usaha sendiri tanpa bergantung pada institusi, hal ini juga sesuai dengan visi misi Universitas Pahlawan yang berfokus pada Kualitas dan Kewirausahaan.

Menurut Dosen Gizi ini, ini merupakan cara prodi dalam membangun karakter kewirausahaan dalam diri mahasiswa. dengan adanya praktik ini mahasiswa diharapkan dapat menemukan ide dan mengembangkan kreatifitas agar dapat menjadi lulusan gizi yang mampu berkarir dengan mandiri.

Menurut Salwa mahasiswa semester 3 praktek gizi kuliner ini sangat perlu. Karena dengan memasak bahan baku makanan yang mengandung nilai gizi yang bagus juga harus diolah secara benar agar bisa tetap terjaga kandungan gizinya. Mahasiswa juga bisa melihat dan praktik langsung dan mengetahui cara-cara yang tepat meningkatkan tambahan nilai gizi pada masakan.

Pada Inovasi Gizi kali ini praktek senin lalu, mahasiswa dihadirkan juri tamu saat melaksanakan praktik yaitu Ibu Cut dan ibu Vina dari Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kedua Juri tamu yang menilai praktek inovasi gizi ini memberikan juga memberikan masukan kepada mahasiswa mengenai pengolahan makanan.

Dokumentasi Kegiatan