Pesan Mahasiswa Ilmu Kesehatan Dalam Peringatan Hari HIV/AIDS Dunia

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leoUniversitaspahlawan.ac.id, UP – Memperingati Hari Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan acquired immune deficiency syndrome (AIDS) sedunia, Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) membagikan pita simbol solidaritas, Selasa, 01 Desember 2020.

“Harapan kami sebagai mahasiswa kesehatan, dengang adanya acara peringatan dan sosialisasi HIV/AIDS sedunia, semoga stigma negatif masyarakat semakin berkurang, dan kedepannya masyarakat lebih empati serta peduli dengan Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA)” tutur Bela, salah satu mahasiswa yang berpartisipasi.

Mahasiswa kesehatan ini juga berpesan bahwa, memperlakukan ODHA bukan dengan cara menjauhi orangnya, Bela menyebutkan bahwa yang harus dijauhi adalah penyakitnya. Dengan kata lain Peringatan Hari HIV dan AIDS ini tidak hanya sebagai sebuah peringatan saja, tetapi juga sebagai momentum perubahan bagi masyarakat dalam menyikapi permasalahan kesehatan terutama AIDS.

Menurut Bela, pembagian pita merah bertujuan untuk mengingatkan kembali bahwa setiap tanggal 1 Desember. Pita merah menjadi simbol kesadaran terhadap penyakit berbahaya yaitu HIV/AIDS yang diakui oleh dunia Internasional. Sedikit informasi, lambang pita merah ini mulanya terinspirasi dari lambang pita kuning yang memperingati kematian tentara Amerika yang bertugas di perang teluk.