Rizki Ananda, M. Pd

Rizki Ananda, M. Pd

Ketua Program Studi

Selamat Datang

Alhamdulillah, Segala Puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan keselamatan bagi semesta, sehingga memampukan kami untuk terus bergerak dan bekerja keras dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas bagi generasi muda masa depan.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidkan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 39/E/O/2012 yang beralamatkan di Jalan Tuanku Tambusai Nomor 23 Bangkinang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Program Sudi PGSD FIP UPTT memiliki visi “Menjadi program studi yang menghasilkan guru Sekolah Dasar berkualitas dan berjiwa kewirausahaan di Sumatera pada tahun 2027”.

S1 PGSD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki fasilitas penyelenggaraan pembelajaran yang lengkap, mulai dari ruang kuliah yang representatif dilengkapi dengan LCD proyektor, Perpustakaan Pusat yang Lengkap dan modern meliputi e-library, koleksi buku yang lengkap, Jurnal Basicedu yang sudah terindeks internasional (DOAJ), dan satu-satunya Prodi PGSD di Provinsi Riau yang memiliki Sekolah Dasar Laboratorium disertai laboratorium prodi yang baik untuk menunjang perkuliahan. Program Studi PGSD memiliki laboratorium pengembangan media pembelajaran, laboratorium IPA terpadu, Matematika Terpadu, Bahasa Indonesia, laboratorium IPS dan PKn terpadu, laboratorium mikroteaching, laboratorium bahasa Inggris, green house, dan laboratorium komputer yang representatif.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar didukung oleh tenaga pengajar dan dosen yang berkualitas dengan kualifikasi S2, S3 dan dengan jabatan fungsional yang relatif baik dan sebagian besar sudah memiliki sertifikat profesional dosen. Program Studi PGSD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai berada di Kota Bangkinang yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Kampar dengan posisi yang sangat strategis dan dikeliling pemandangan alam yang indah serta lingkungan kampus yang hijau dan asri. Dengan slogan “Muda, Kreatif, Enerjik, Profesional” kami berusaha untuk mendidik putra putri terbaik untuk disiapkan menjadi calon guru sekolah dasar yang cerdas dalam mewujudkan tujuan kemerdekan “mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Visi dan Misi

“Menjadi program studi yang menghasilkan guru Sekolah Dasar berkualitas dan berjiwa kewirausahaan di Sumatera pada tahun 2027”.

  • Menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan guru SD yang kompeten dan kompetitif serta berjiwa kewirausahaan.
  • Melakukan penelitian dan pengembangan model dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui penyebarluasan ilmu di bidang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar.
  • Menyelenggarakan pengelolaan prodi berdasarkan prinsip good university governance.
  • Membangun jejaring dan kemitraan pada tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Dosen

Yenni Fitra Surya, S.Pd, M.Pd

Yenni Fitra Surya, S.Pd, M.Pd

Rusdial Marta, S.Pd, M.Pd

Rusdial Marta, S.Pd, M.Pd

Fadhilaturrahmi, S.Pd, M.Pd

Fadhilaturrahmi, S.Pd, M.Pd

Mufarizuddin, S.Pd, M.Pd

Mufarizuddin, S.Pd, M.Pd

Sumianto, S.Pd, M.Pd

Sumianto, S.Pd, M.Pd

Muhammad Syahrul Rizal, S.Pd, M.Pd

Muhammad Syahrul Rizal, S.Pd, M.Pd

Iis Aprinawati, S.Pd, M.Pd

Iis Aprinawati, S.Pd, M.Pd

Putri Hana Pebriana, S.Pd, M.Pd

Putri Hana Pebriana, S.Pd, M.Pd

Dr. Masrul, M.Pd

Dr. Masrul, M.Pd

Yanti Yandri Kusuma, SE., M.Pd

Yanti Yandri Kusuma, SE., M.Pd

Nurhaswinda, S.Pd.I., M.Pd.

Nurhaswinda, S.Pd.I., M.Pd.

Miswar, SS., M.H., Ph.D

Miswar, SS., M.H., Ph.D

Dwi Viora, M.Pd.

Dwi Viora, M.Pd.

Imam Hanafi, S.Pd.I., M.Pd

Imam Hanafi, S.Pd.I., M.Pd

Indriyanto, M.Pd

Indriyanto, M.Pd

Indra Irawan, M.Kom

Indra Irawan, M.Kom

Fakta & Angka

Mahasiswa
390
Alumni
143

Lulusan PGSD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dapat menjadi:

  • Guru Kelas (Sekolah Dasar) sebagai profil utama prodi yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi  dan mengembangkan pendidikan berdasar keilmuan, berkarakter, inovatif, dan memiliki wawasan luas yang dapat meningkatkan mutu pendidikan di SD.
  • Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di SD.
  • Praktisi Pendidikan di SD yang berperan sebagai konselor, pengelola pendidikan, pembina ekstrakurikuler,  pengembang media dan sumber belajar, serta pendidik di jalur non formal.

Di Universitas Pahlawan ada beberapa bentuk Beasiswa yang di berikan kepada mahasiswa:

  • Beasiswa PPA (Penigkatan Prestasi Akademik) Beasiswa ini diberikan dari DIKTI melalui Koperti wilayah X
  • Beasiswa Bidikmisi Alokasi Khusus, Beasiswa dari Anggota DPR RI Dapil Riau
  • Beasiswa Propinsi
  • Beasiswa dari Universitas Pahlawan