Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D

Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D

Pembina Prodi

Selamat Datang

“Selamat datang di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Pahlawan. Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin, Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, dengan limpahan rahmat dan karunianya jualah yang memberikan kekuatan untuk kita makluknya untuk selalu sekuat daya dan upaya menuju peradaban yang mandiri dan madani. Didirikannya Jurusan Teknik Informatika ini adalah sebagai salah satu wujud dari peran aktif Universitas Pahlawan dalam pendidikan tinggi nasional dengan melihat bidang komputer dan teknologi informasi sebagai salah satu bidang yang perlu dibangun pondasi keilmuannya untuk menghantarkan masyarakat indonesia menuju masyarakat era digital. Prodi yang berdiri pada tahun 2017 ini memiliki komitmen yang tinggi dalam mewujudkan visi Universitas Pahlawan, dengan mengusung Visi “Menjadi lembaga pendidikan teknik informatika yang unggul dalam inovasi dengan mengedepankan kualitas dan kewirausahaan di Sumatra pada tahun 2027” yang diharapkan memberikan dorongan energi dan motivasi bagi segenap civitas teknik informatika untuk selalu berprestasi di kancah Nasional dan Internasional. Semoga website resmi ini dapat memberikan informasi yang selengkapnya terkait Prodi S1 Teknik Informatika Universitas Pahlawan”

TERAKREDITASI BAN PT

Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

S1 Teknik Informatika

Program studi S1 Teknik Informatika di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai merupakan salah satu program studi yang ada dibawah Fakultas Sains dan Teknologi, dengan Izin pendirian Prodi dari Dirjen Dikti No. 97/KPT/I/2017 tertanggal 1 Januari 2017. Tujuan prodi ini didirikan adalah untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki pengetahuan yang solid dan wawasan yang komprehensif dibidang Teknik Informatika, Menghasilkan penelitian dan pengembangan ilmu yang dapat memberikan kontribusi berarti bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, melalui pengembangan sumberdaya manusia berkelanjutan serta pengembangan fasilitas laboratorium, meningkatkan pelayanan program pengabdian masyarakat melalui pelatihan dan pemanfaatan teknologi yang ekonomis dan tepat guna, serta untuk meningkatkan relevansi pendidikan dengan tuntutan kebutuhan stakeholders baik internal, maupun eksternal, melalui pengembangan kurikulum serta kualitas materi dan proses pembelajaran secara berkelanjutan.
Dengan kurikulum berbasis kompetensi, lulusan Teknik Informatika akan memiliki kompetensi dan kemampuan dalam merencanakan, merancang, dan mengimplementasikan suatu sistem terpadu untuk menyelesaikan persoalan teknologi informasi di berbagai bidang seperti pendidikan, perbankan, telekomunikasi, manufaktur, atau industri lainnya.
Dengan dukungan tenaga dosen lulusan dari universitas tekemuka, baik didalam dan diluar negeri, dan dukungan tenaga kependidikan yang profesional akan memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan inovatif, dengan materi pelajaran yang dapat diakses dengan mudah. Lulusan akan dibekali dengan sertifikat kompetensi, baik dari industri maupun dari BNSP, sehingga tidak hanya berbekal ijazah, namun juga kompetensi yang diakui secara nasional dan internasional.
Program studi S1 Teknik Informatika memiliki berbagai jaringan kerjasama, baik didalam maupun diluar negeri. Kesempatan untuk melanjutkan pendidikan terutama diluar negeri terbuka lebar untuk alumni Prodi Teknik Informatika, dengan adanya program kerjasama dengan Ming Chi University of Technology (MCUT), Taiwan. Dengan berkembangnya kualitas lulusan di prodi Teknik Informatika, maka Prodi Teknik Informatika harus siap menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing ditengah-tengah masyarakat tingkat nasional dan internasional.

VISI

Menjadi lembaga pendidikan teknik informatika yang unggul dalam inovasi dengan mengedepankan kualitas dan kewirausahaan di Sumatra pada tahun 2027.

MISI

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang mengintegrasikan antara teknologi dan nilai-nilai kewirausahaan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dengan teknologi tepat guna dan inovatif .
  3. Menyelenggarakan pengabdian yang memberikan solusi tepat guna dan inovatif dalam menghadapi masalah dalam masyarakat.
  4. Membina jejaring kerjasama dengan berbagai institusi baik didalam maupun diluar

TENAGA PENGAJAR

Pembina Prodi

Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D

Ketua Program Studi

Deddy Gusman, S.Kom, M.T.I

Safni Marwa, ST.,M.Sc

Chandra Kusuma, S.Kom.,M.Kom

Mentari Tri Indah Rahmayani, S.Kom.,M.Kom

Novi Yona Sidratul Munti, M.Kom

Kasini, S.Kom.,M.Kom

Fakta & Angka

Mahasiswa
73
Alumni
-

Di Universitas Pahlawan ada beberapa bentuk Beasiswa yang di berikan kepada mahasiswa:

  • Beasiswa PPA (Penigkatan Prestasi Akademik) Beasiswa ini diberikan dari DIKTI melalui Koperti wilayah X
  • Beasiswa Bidikmisi Alokasi Khusus, Beasiswa dari Anggota DPR RI Dapil Riau
  • Beasiswa Propinsi
  • Beasiswa dari Universitas Pahlawan

Dunia informatika sangat menarik untuk dipelajari oleh mereka orang-orang yang suka dengan teknologi dan berwawasan luas yang ingin berkarya dan menghasilkan sebuah teknologi. Kehadiran informatika secara tidak langsung telah mengantarkan dari ketidak tahuan menjadi mengerti hingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Berikut peluang kerja dari lulusan S1 Teknik Informatika Universitas Pahlawan :

  1. PNS
  2. Mobile Programmer
  3. Tenaga Pendidik IT
  4. Software Engineer
  5. System Analyst atau System Integrator
  6. Konsultan IT
  7. Computer Network atau Data Comunication Engineer
  8. Intelligent System Developer
  9. Software Tester
  10. Database Administrator
  11. Network Engineer
  12. Game Developer
  13. Web Designer atau Web Programmer
  14. Freelance Programmer
  15. Security System
  16. Desktop Programmer
  17. Technopreneur

kosong

Kontak

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang program studi di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, jangan ragu untuk menghubungi kami di:

Telepon: 0813-2844-4422 (Deddy Gusman)

0813-7466-7372 (Novi Yona Sidratul Munti)

Email:

Tif@universitaspahlawan.ac.id

sikumbang-ona@yahoo.com

noviyona@universitaspahlawan.ac.id