Pusat Komputer

P

usat Komputer merupakan unsur penunjang dalam pelaksanaan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan tugas pokok
melaksanakan pelayanan teknis pendidikan dan penyedia informasi. Pusat Komputer dipimpin oleh seorang Kepala berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Rektor.

Dewi Anggriani Harahap, M.Keb
Ketua Pusat

Untuk melaksanakan tugasnya, Pusat Komputer mempunyai fungsi:

  1. Mengumpulkan, menyusun, merekam dan mencarikan data administrasi akademik dan administrasi umum. Pada fungsi ini, Pusat Komputer hanya bertindak sebagai data base bagian (satuan kerja) turut terlibat dalam proses pemasukan dan peremajaan satuan kerjanya masing-masing.
  2. Memberikan pelayanan komputerisasi kepada bagian-bagian yang lain di lingkungan Universitas Pahlawan. Pada fungsi ini, Pusat Komputer bersama-sama dengan satuan kerja yang lain, membuat dan mengembangkan perangkat lunak Komputer. Selanjutnya Pusat Komputer melatih para staf pada satuan kerja tersebut dalam penggunaan komputer.
  3. Menyelenggarakan praktikum/pendidikan komputer di lingkungan Universitas Pahlawan. Pendidikan komputer di Universitas Pahlawan terdiri dari pendidikan dasar-dasar komputer dan komputer spesifikasi jurusan. Pada pendidikan dasar-dasar komputer, Pusat Komputer bertindak sebagai instruktur sekaligus melaksanakan pendidikan komputer. Pada komputer spesifikasi program studi, Pusat Komputer hanya bertidak sebagai konsultan, dan pelaksanaan dilakukan oleh setiap Fakultas/Program Studi.
  4. Mengelola Web Server dan Mail Server dan menyediakan fasilitas internet (hotspot) bagi seluruh Civitas Universitas Pahlawan.

VISI

Menjadi lembaga yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap penelitian
dan pengabdian masyarakat ditingkat daerah regional dan nasional.

MISI

Misi lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Yayasan Pahlawan Tuanku Tambusai Riau adalah:

  • Mengkoordinasikan, merencanakan, melaksanakan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang berkemampuan dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meningkatkan daya saing dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat ditingkat nasional.
  • Meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Mendesiminasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Membangun sistem informasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meningkatkan pemanfaatan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk membangun proses pembelajaran.
  • Meningkatkan kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antar perguruan tinggi
  • Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meningkatkan kemitraan dengan berbagai instansi pemerintah dan dunia usaha dan masyarakat dalam pemanfaatan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.