Lab School Universitas Pahlawan
Dr. Musnar Indra Daulay, M.Pd
Direktur Lab School

Labschool merupakan sebuah sekolah yang dimaksudkan sebagai sekolah laboratorium Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Sekolah ini digunakan untuk praktik mengajar, penelitian pendidikan, dan inovasi pendidikan, dengan tujuan untuk mencobakan ide-ide baru dalam bidang pendidikan. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum terpadu dan terintegrasi yaitu kurikulum 2013 yang mengedepankan dasar-dasar ilmu pendidikan guna menguatkan pendidikan karakter, meletakkan kecerdasan multiple intelligence dengan pendekatan yang berpusat pada anak, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut yang berlandaskan pada Tut Wuri Handayani dengan metode “Active Learning“.

Sebagai labschool, sekolah kami dituntut untuk mampu menjadi sekolah yang berkarakter. Tentu dalam proses pelaksanaannya tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada saja tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Namun dengan penuh ketekunan, dan kerjasama dari semua pihak, kami yakin akan mampu mengatasinya. Melalui budaya sekolah atau school culture yang terus menerus disempurnakan, sekolah akan terus membangun karakter siswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sekolah tidak harus dengan gedung yang mewah dan fasilitas yang eksklusif, sebab kami yakin dengan fasilitas apa adanya labschool ini akan mampu bersaing dan melahirkan peserta didik yang sangat luar biasa.

  1. Memiliki guru yang berkompetensi, berdedikasi dan komitmen yang tinggi.
  2. Memiliki siswa yang berprestasi
  3. Mengembangkan sumber belajar yang tidak hanya berpusat pada guru.
  4. Memiliki budaya sekolah yang kokoh.
  5. Memiliki tokoh panutan di sekolah dan mampu menjadi contoh teladan
  6. Memiliki motivasi yang tinggi untuk mampu bersaing dalam dunia global.

Penanggung jawab PAUD Pahlawan

Penanggung Jawab SD Pahlawan

Yolanda Fahrul, M.Pd

Yolanda Fahrul, M.Pd

Iis Aprinawati, M.Pd

Iis Aprinawati, M.Pd

Terwujudnya sekolah yang unggul dalam prestasi, berkarakter dan berwawasan lingkungan

  1. Mengembangkan lingkungan sekolah yang sehat, rapih, bersih, aman dan nyaman.
  2. Menumbuhkan kedisiplinan, rasa kekeluargaan dan semangat religius pada seluruh warga sekolah.
  3. Mengembangkan pengelolaan manajemen sekolah yang efektif, efisien, demokratis dalam suatu tata kelola yang baik (good governance) dan akuntabel.
  4. Mengembangkan pembelajaran efektif yang aktif, kreatif, efisien dan menyenangkan.
  5. Mengoptimalkan proses belajar mengajar dan bimbingan kepada siswa.
  6. Meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik peserta didik sesuai dengan perkembangan IPTEK dan tuntutan masyarakat.
  7. Mengembangkan budaya: gemar membaca, gemar menghapal, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerja sama, saling menghargai, jujur, kerja keras, kreatif dan mandiri.
  8. Membina kemandirian peserta didik melalui pembiasaan, kewirausahaan dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.
  9. Mempersiapkan lulusan yang kompetitif, handal, tangguh dan tanggap secara nasional maupun internasional.

PAUD Pahlawan

SD Pahlawan

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum terpadu dan terintegrasi yaitu kurikulum 2013 yang mengedepankan dasar-dasar ilmu pendidikan guna menguatkan pendidikan karakter, meletakkan kecerdasan multiple intelligence dengan pendekatan yang berpusat pada anak, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut yang berlandaskan pada Tut Wuri Handayani dengan metode “Active Learning” yaitu metodologi pembelajaran dengan prinsip sebagai berikut:

  • Mengembangkan pengetahuan, perilaku, dan keterampilan
  • Yang menjadi fokus adalah anak bukan guru
  • Bermula dari bekal pengetahuan anak itu sendiri
  • Dekat dengan kehidupan sehari-hari
  • Guru berperan sebagai fasilitator, bukan nara sumber satu-satunya
  • Adanya kesempatan bagi anak untuk menemukan konsep yang dipelajarinya sendiri
  • Penilaian dan pembelajaran yang tuntas dengan menggunakan berbagai tekhnik
  • Terintegrasi
  • Bertujuan mempersiapkan manusia yang bercirikan pembelajaran sepanjang hayat

Oleh sebab itu, guna memenuhi standar nasional pendidikan yang diperkaya nilai-nilai kejujuran dalam menghasilkan lulusan unggul sebagai wahana pendidikan, pengabdian, dan penelitian bagi dosen dan mahasiswa FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dalam berbagai inovasi pembelajaran dan kebijakan pendidikan

Download Kurikulum Sekolah Pahlawan