Program studi Pendidikan Matematika FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran mahasiswa strata satu (S1). Program studi Pendidikan Matematika FIP Universitas Pahlawan didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 39/E/O/2012. Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 2918/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018 menyatakan bahwa Program Studi Pendidikan Matematika, Pada Program Sarjana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai terakreditasi dengan peringkat “Terakreditasi B”.
KLIK GAMBAR DOWNLOAD SERTIFIKAT AKREDITASI
Program studi Pendidikan Matematika mempunyai visi “Menjadi Program Studi pencetak guru matematika yang berkualitas dan berorientasi kewirausahaan di Indonesia tahun 2037 ”. untuk merealisasikan visinya, program studi Pendidikan matematika mempunyai misi: (1) Menyelenggarakan program pengajaran yang menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang berkualitas (berkualitas pedagogik, berkualitas kepridian, berkualitas profesional dan berkualitas sosial); (2) Menggiatkan penelitian yang inovatif dan kompetitif dibidang pendidikan matematika yang bersifat edupreneur untuk menciptakan guru yang berwirausaha; (3) Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu pendidikan matematika sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat; (4) Meningkatkan daya saing staf pengajar dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; (5) Membangun jejaring dan kemitraan yang bersifat edupreneur pada tingkat lokal, nasional dan internasional.
Dalam upaya merealisasikan visi dan misinya, program studi Pendidikan Matematika berupaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses belajar mengajar dengan melakukan perencanaan, perbaikan, dan pengembangan program secara berkala dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh sivitas akademika untuk meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, manajemen internal, sustainabilitas, efisiensi dan produktivitas program studi. Relevansi dan kompetensi program studi Pendidikan Matematika dilakukan dengan mengembangkan kurikulum yang menekankan pada kompetensi profesional, individual dan sosial yang diintegrasikan secara kontekstual. Kurikulum diimplementasikan melalui proses pembelajaran dengan mempertimbangkan peningkatan kemampuan yang secara berkala dievauasi dengan melibatkan berbagai pihak yang berkompeten.
Proses pembelajaran yang dilakukan di program studi Pendidikan Matematika didukung oleh tenaga akademik dengan seluruhnya telah berlatar belakang pendidikan S2 dan dua orang sedang melaksanakan studi S3. Prestasi akademik dosen program studi Pendidikan Matematika sangat bagus ditunjukkan dengan setiap tahun meraih hibah penelitian dari dikti. Selain itu dosen program studi Pendidikan Matematika ikut serta dalam organisasi keprofesionalan dalam rangka meningkatkan keprofesionalannya dibidang Pendidikan Matematika.
VISI
Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran matematika dengan prinsip konstruktivisme untuk menghasilkan calon guru matematika yang berkualitas dan berorientasi kewirausahaan di tingkat kewirausahaan di tingkat Asia Tenggara Tahun 2042
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran matematika yang bermutu dengan prinsip pembelajaran konstruktivisme dalam menyiapkan calon guru matematika yang profesional dan berjiwa kewirausahaan
- Menyelenggarakan penelitian dan publikasi dibidang pendidikan matematika
- Mengembangkan dan mengaplikasikan hasil penelitian pendidikan matematika sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat
- Menyelenggarakan pengelolaan program studi berdasarkan prinsip good governance faculty
Menyelenggarakan kerjasama dalam pelaksanaan tridharma pada bidang pendidikan matematika di tingkat lokal, nasional dan internasional
- SOAL MATEMATIKA DENGAN KONTEKS BUDAYA & DAYA TARIK WISATA RIAU /
- BAHAN AJAR PENGANTAR DASAR MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA & DAYA TARIK WISATA RIAU /
- KUMPULAN SOAL MATEMATIKA BERABASIS KEARIFAN LOKAL & DAYA TARIK WISATA RIAU /
- MENYELAMI STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA /
- SOAL MATEMATIKA DENGAN KONTEKS BUDAYA DAN DAYA TARIK WISATA RIAU /
- DIGITALISASI VIDEO PEMBELAJARAN MATAMATIKA BERBANTUAN APLIKASI KINEMASTER /
- MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PELUANG BERBASIS SOFTWARE SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK SMP KELAS VIII /
- EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA SENI SILAT PERSEMBAHAN KAMPAR DAN SENI TARI PASOMBAHAN KHAS KAMPAR /
- MICRO TEACHING /
- BANGUN RUANG SISI DATAR MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA /
- MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT & SEGITIGA /
- LKPD BERBASIS MEAS /
- LOMBA KERJA PESERTA DIDIK KELAS X SMA SEDERAJAT /
- KUMPULAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS OPEN ENDED PADA MATERI BILANGAN /
- SOAL ETNOMATEMATIKA PADA MATERI POKOK BILANGAN BULAT/
- PRESTASI MAHASISWA/
- HAKI/
- STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- PENERAPAN MODEL, STRATEGI, PENDEKATAN, PEMBELAJARAN DALAM ERA NEW NORMAL
- METODE DAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
- TEORI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIK DAN CALON PENDIDIK
- MENYELAMI STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
- KUMPULAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN DAYA TARIK WISATA RIAU UNTUK SMP SEDERAJAT
- EKSPLORASI ETNO MATEMATIKA SENI SILAT PERSEMBAHAN KAMPAR
- EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID JAMI AIR TIRIS DAN MASJID JAMI AL IKHSAN PULAU TERAP KUOK
- EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TRADISI MANGGOLEK TEBU
Dokumen:
- SK VISI & MISI FIP UP
- SK AUDIT MUTU INTERNAL
- SK VISI & MISI PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
- SK PENETAPAN DOKUMEN SPMI2022
- SK REVISI PERUBAHAN FIP MENJADI FKIP
- SK PENETAPAN DOKUMEN SPMI 2023
- SK RENSTRA 2023-2027
- SK VISI MISI UNIVERSITAS PAHLAWAN
- SK VISI MISI UNIVERSITAS
- SK STATUTA UNIVERSITAS PAHLAWAN
Dokumen:
- SK PKKM 2023
- LAPORAN PELAKSANAAN KERJASAMA
- DOKUMEN MoU PRODI S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
- TUPOKSI PEJABAT STRUKTURAL
- SOP UNIVERSITAS PAHLAWAN
- SK TIM PENJARINGAN DEKAN DAN KETUA PRODI
- SK STRUKTUR UP
- SK STRUKTUR UP DAN FIP
- SK PANDUAN PENGELOLAAN KEUANGAN
- SK PEDOMAN AKREDITASI
- SK PELAKSANAAN KERJASAMA
- SK PEDOMAN MONEV KERJASAMA
- SK PEDOMAN EVALUASI VISI MISI FIP
- SK PANDUAN SIPENSIMARU
- SK MONEV REKAM JEJAK
- SK LPM
- SK LEMBAGA KERJASAMA
- SK KURIKULUM
- SK KURIKULUM PMT 2019
- SK KETUA PRODI PMT
- SK DEKAN FKIP
- SK REVISI BUKU PANDUAN LAYANAN KEMAHASISWAAN
- SK PANDUAN LAYANAN KEMAHASISWAAN
- PANDUAN KTI
- PANDUAN PENYUSUNAN KURIKULUM
- SK REKTOR TATA PAMONG TATA KELOLA
- SK KETENAGAKERJAAN UNIVERSITAS PAHLAWAN
- SK PENETAPAN STRUKTUR ORGANISASI
Dokumen:
- INTEGRASI MATA KULIAH DENGAN PENELITIAN DAN PKM
- SK PENETAPAN PANDUAN AKADEMIK
- SK PEDOMAN PERKULIAHAN HYBRID
- SK PANDUAN PENDIDIKAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUN DAN BUDAYA KEWIRAUSAHAAN DI UNIVERSITAS PAHLAWAN
- SK KURIKULUM
- SK KURIKULUM PMT 2019
- RPS MICROTAECHING
- REVISI PEDOMAN KAMPUS MERDEKA
- RENSTRA
- KURIKULUM PMT MBKM 2023
- KURIKULUM DAN RPS 2019
- BUKU PANDUAN PPL
Dokumen:
- SURAT PENERIMAAN PROPOSAL HIBAH INTERNAL
- SK PENETAPAN & PENGESAHAN RIP & RENSTRA PKM LPPM
- SK REKTOR RENCANA INDUK PENELITIAN
- SK REKTOR PKM
- SK REKTOR PEDOMAN PENELITIAN
- SK PEDOMAN PENELITIAN
- SK KELOMPOK PENELITIAN DOSEN PMT
- SK BIDANG KEILMUAN DOSEN PMT
- ROADMAP PS PMT
- RENSTRA PENELITIAN
- PEDOMAN INTEGRASI PENELITIAN, PKM DAN PENGABDIAN
- PANDUAN PENELITIAN PKM
- PANDUAN PENELITIAN 2022
- KONTRAK PKM UTHM
- SK RENSTRA FKIP
- KODE ETIK PENELITIAN DAN PKM
- RIP PKM UP
- RIP PENELITIAN UP
- PERMENRISTEKDIKTI NO 74 TAHUN 2016
- PERMENDIKBUTRISTEKDIKTI NO 3 TAHUN 2020
Jumlah Mahasiswa
Jumlah Alumni
Di Universitas Pahlawan ada beberapa bentuk Beasiswa yang di berikan kepada mahasiswa:
- Beasiswa PPA (Penigkatan Prestasi Akademik) Beasiswa ini diberikan dari DIKTI melalui Koperti wilayah X
- Beasiswa Bidikmisi Alokasi Khusus, Beasiswa dari Anggota DPR RI Dapil Riau
- Beasiswa Propinsi
- Beasiswa dari Universitas Pahlawan
Setelah menyelesaikan pendidikan di program studi pendidikan matematika, alumni dapat bekerja sebagai:
- Tenaga Pendidik yang profesional dan berkemampuan mengajar berbasis teknologi sehingga mampu melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu dan relevan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat di era globalisasi
- Asisten Peneliti Pendidikan Matematika yaitu orang yang membantu melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yg dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.
- Praktisi Pendidikan yang berperan sebagai konselor, pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar.
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
I | KU 101 | PENDIDIKAN AGAMA | 2 |
KU 102 | BAHASA INDONESIA | 2 | |
DP 101 | LANDASAN PENDIDIKAN | 2 | |
PMT 101 | KALKULUS 1 | 3 | |
PMT104 | PENGANTAR DASAR MATEMATIKA | 3 | |
PMT 102 | KIMIA DASAR 1 | 2 | |
PMT 103 | FISIKA DASAR 1 | 2 | |
PMT 111 | GEOMETRI ANALITIK BIDANG DAN RUANG | 3 | |
JUMLAH | 19 | ||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
II | KU 203 | WAWASAN BUDAYA MELAYU | 2 |
DP 202 | FILSAFAT PENDIDIKAN | 2 | |
DP 203 | PEDAGOGIKA | 2 | |
PMT 210 | TEORI BILANGAN | 2 | |
PMT 207 | KIMIA DASAR 2 | 2 | |
PMT 208 | FISIKA DASAR 2 | 2 | |
PMT 205 | BIOLOGI UMUM | 2 | |
PMT 209 | STATISTIKA DASAR | 3 | |
PMT 206 | KALKULUS 2 | 3 | |
JUMLAH | 20 | ||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
III | KU 304 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 |
KU 305 | PENDIDIKAN LINGKUNGAN SOSIAL BUD DAN TEK | 2 | |
DP 304 | BIMBINGAN KONSELING | 2 | |
DP 305 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2 | |
PMT 313 | KALKULUS LANJUT | 3 | |
PMT 316 | B.INGGRIS MATEMATIKA | 2 | |
PMT 318 | STATISTIK AMTEMATIKA 1 | 3 | |
PMT 319 | ANALISIS RILL 1 | 3 | |
DP 406 | INOVASI PENDIDIKAN | 2 | |
JUMLAH | 21 | ||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
IV | KU 406 | PENDIDIKAN KEWARGENEGARAAN | 2 |
DP 407 | KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN | 3 | |
PMT 417 | STRUKTUR ALJABAR | 3 | |
PMT 414 | STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS IT | 3 | |
PMT.433 | MAGANG 1 | 2 | |
PMT 415 | MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS IT | 3 | |
PMT 421 | GEOMETRI TRANSPORMASI | 3 | |
PMT 423 | STATISTIK MATEMATIKA 2 | 3 | |
JUMLAH | 22 | ||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
V | KU 507 | KEWIRAUSAHAAN | 2 |
DP 508 | PENGELOLAAN PENDIDIKAN | 2 | |
PMT 527 | METODE NUMERIK | 3 | |
PMT.534 | MAGANG 2 | 2 | |
PMT529 | PROGRAM LINIER | 3 | |
PMT 530 | PERSAMAAN DIFERENSIAL | 3 | |
PMT 528 | MATEMATIKA DISKRIT | 3 | |
PMT531 | ANALISIS KOMPLEKS | 3 | |
JUMLAH | 21 | ||
UNTUK PEMINATAN ASISTEN PENELITI PENDIDIKAN MATEMATIKA | |||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
VI | KU 608 | KULIAH KERJA NYATA | 2 |
DP 609 | PENDIDIKAN KARAKTER | 2 | |
DP 610 | METODOLOGI PENELITIAN | 3 | |
PMT 626 | TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA SMP/SMA | 3 | |
PMT 633 | SEMINAR MATEMATIKA | 3 | |
PMT 624 | PENELITIAN TINDAKAN KELAS* | 3 | |
PMT 634 | MICRO TEACHING | 3 | |
PMT.622 | ANALISIS RILL 2 | 3 | |
JUMLAH | 22 | ||
UNTUK PEMINATAN EDUPRENEUR | |||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
VI | KU 608 | KULIAH KERJA NYATA | 2 |
DP 609 | PENDIDIKAN KARAKTER | 2 | |
DP 610 | METODOLOGI PENELITIAN | 3 | |
PMT 626 | TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA SMP/SMA | 3 | |
PMT 633 | SEMINAR MATEMATIKA | 3 | |
PMT 639 | DASAR-DASAR MANAJEMEN** | 3 | |
PMT 634 | MICRO TEACHING | 3 | |
PMT.622 | ANALISIS RILL 2 | 3 | |
JUMLAH | 22 | ||
UNTUK PEMINATAN ASISTEN PENELITI PENDIDIKAN MATEMATIKA | |||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
VII | PMT.720 | ALJABAR LINIER | 3 |
PMT 737 | PENELITIAN PENGEMBANGAN* | 3 | |
PMT 712 | ALJABAR MATRIKS | 2 | |
PMT 725 | EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS IT | 2 | |
PMT 732 | PENELITIAN KUANTITATIF* | 3 | |
DP.711 | PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) | 4 | |
JUMLAH | 17 | ||
UNTUK PEMINATAN EDUPRENEUR | |||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
VII | PMT.720 | ALJABAR LINIER | 3 |
PMT 738 | MANAJEMEN PEMASARAN** | 3 | |
PMT 712 | ALJABAR MATRIKS | 2 | |
PMT 725 | EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA | 2 | |
PMT 740 | MATEMATIKA KEUANGAN** | 3 | |
DP.711 | PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) | 4 | |
JUMLAH | 17 | ||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
KU 809 | SKRIPSI | 6 | |
JUMLAH | 6 | ||
JUMLAH TOTAL SKS | 148 |
- STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA /
- HAKI PENERAPAN MODEL, STRATEGI, PENDEKATAN PEMBELAJARAN DALAM ERA NEW NORMAL /
- Metode dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Matematika /
- TEORI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIK DAN CALON PENDIDIK /
- Menyelami Strategi Pembelajaran Matematika /
- KUMPULAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL
- Eksplorasi Etnomatematika Seni Silat Persembahan Kampar (PERSIMO) Dan Seni Tari Pasombahan Khas Kampar /
- Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jami Air Tiris Dan Masjid Jami Al Ihsan Desa Pulau Terap Kuok /
- Eksplorasi Etnomatematika Pada Tradisi Manggelek Tobu
Magang I
📌Magang I adalah proses pengamatan atau observasi yang dilakukan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap selama 16 Minggu di mana peserta magang diharapkan dapat mengumpulkan informasi sesuai dengan fokus berdasarkan waktu pelaksanaan. Program ini bermanfaat agar peserta program magang 1 calon guru di SMP maupun SMA sederajat memiliki gambaran nyata tentang kegiatan yang dilakukan oleh guru di SMP atau SMA sederajat yang akan menjadi profesinya di masa yang akan datang.
📌Berikut Keterangan Waktu dan Tempat.
– Tgl Pelaksanaan : Senin, 8 Maret 2021 S/d Jumat, 16 April 2021
– Lokasi : SMP Negeri 1 Bangkinang Kota
📌Berikut Nama-Nama yang terkait dalam hal ini.
– Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bangkinang Kota: Ibu Hj. Masniar, S.Pd.
– Dosen Pembimbing : Ibu Astuti, M.Pd.
– Peserta Magang I Semester 4:
1. Bunga Ervinasari
2. Mimis Saputra
3. Nurhaliza
4. Nursyahfira
5. Rika Wulansari
6. Septia Ningrum
Magang I
📌Magang I adalah proses pengamatan atau observasi yang dilakukan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap selama 16 Minggu di mana peserta magang diharapkan dapat mengumpulkan informasi sesuai dengan fokus berdasarkan waktu pelaksanaan. Program ini bermanfaat agar peserta program magang 1 calon guru di SMP maupun SMA sederajat memiliki gambaran nyata tentang kegiatan yang dilakukan oleh guru di SMP atau SMA sederajat yang akan menjadi profesinya di masa yang akan datang.
📌Berikut Keterangan Waktu dan Tempat.
– Tgl Pelaksanaan : Selasa, 8 Maret 2022 S/d selasa, 28 Juni 2022
– Lokasi : SMP Negeri 2 Kuok
📌Berikut Nama-Nama yang terkait dalam hal ini.
– Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kuok: Bapak Dedi Sunardi S.Pd
– Dosen Pembimbing : Ibu Astuti, M.Pd.
– Peserta Magang I Semester 4:
1. Anisa Syairah
2. Nelva Riza
3. Saufi Zikri
4. Mhd. Apri Nanda Saputra
5. Layli Maydawati
SMP NEGERI 2 BANGKINANG
MAGANG I SMP NEGERI 2 BANGKINANG
✓Magang 1 merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenal kultur Sekolah Dasar melalui proses perkuliahan dan pengamatan untuk mencari tahu struktur organisasi sekolah, merasakan iklim persekolahan, mengenal tugas pokok dan fungsi guru secara langsung, dan mengenal sistem administrasi di SD serta kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
✓Berikut Keterangan Waktu dan Tempat.
– Waktu Pelaksanaan : April-Juni 2021
– Lokasi : SMP Negeri 1 Bangkinang
✓Berikut Nama-Nama yang terkait dalam hal ini.
– Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bangkinang: Bapak Muslim, S.Pd
– Dosen Pembimbing : Ibu Astuti, M.Pd.
– Peserta Magang I Semester 4:
1. Puja Marliana
2. Salsa Fitri Annisa
3. Nurul Istiqomah
4. Hilma M.Z
5. Riski Yusri Farmansyah
SMA NEGERI 1 KAMPAR
MAGANG I SMA NEGERI 1 KAMPAR
✓Magang 1 merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenal kultur Sekolah Dasar melalui proses perkuliahan dan pengamatan untuk mencari tahu struktur organisasi sekolah, merasakan iklim persekolahan, mengenal tugas pokok dan fungsi guru secara langsung, dan mengenal sistem administrasi di SD serta kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
✓Berikut Keterangan Waktu dan Tempat.
– Waktu Pelaksanaan : April-Juni 2023
– Lokasi : SMA Negeri 1 Kampar
✓Berikut Nama-Nama yang terkait dalam hal ini.
– Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kampar: Bapak Harizon, M. Pd
– Dosen Pembimbing : Ibu Astuti, M.Pd.
– Peserta Magang I Semester 4:
1. Adillah Azzahra
2. Al Ahzuri
3. Jeprizal
4. Wahyu Nur Ilhami Zain
Magang II
📌Magang II merupakan proses pengamatan dan implementasi pembelajaran di sekolah dasar (SMP/SMA) melalui latihan mengembangkan perangkat pembelajaran dan pembelajaran terbimbing disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan Dosen Pembimbingan Lapangan (DPL) dan guru pamong yang dilaksanakan pada semester 5. Magang II dimaksudkan untuk memantapkan kompetensi akademi kependidikan dan bidang studi melalui berbagai bentuk aktivitas di sekolah. Kegiatan magang II biasanya dilaksanakan selama kurang lebih 1 Semester.
Magang II bertujuan agar peserta program magang 2 calon guru memiliki gambaran nyata terhadap kegiatan yang dilakukan oleh guru di sekolah yang akan menjadi profesi di masa yang akan datang sehingga peserta program magang 2 dapat mempersiapkan diri untuk berkarya sebagai guru di masa yang akan datang dengan lebih baik. Selain itu program ini juga dapat menjadi refleksi bagi peserta program magang 2 untuk tetap teguh memilih profesi sebagai guru atau memilih profesi yang lain.
📌Berikut Beberapa kegiatan yang dilakukan :
– Pengamatan Kompetensi Guru (Pedagogik, Profesional, Kepribadian, dan Sosial)
– Telaah Kurikulum
– Telaah Strategi Pembelajaran
– Telaah Sistem Evaluasi Guru
– Keterlibatan dalam Melaksanakan Tugas-tugas Pendampingan Peserta Didik dan Kegiatan Pendampingan Ekstrakulikuler
– Keterlibatan dalam Melaksanakan Tugas Administrasi Guru
– Keterlibatan dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran
📌Berikut Waktu dan Tempat Pelaksanaan
– Tgl Pelaksanaan: Rabu, 22 September 2021 S/d Selasa, 13 Desember 2021
– Lokasi : SMA Negeri 1 Kuok
📌Berikut Nama-Nama yang terkait dalam hal ini.
– Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bangkinang Kota: Bapak Addinul Adli S.Pd., M.Pd.
– Dosen Pembimbing : Ibu Astuti, M.Pd.
– Peserta Magang II Semester 5:
1. Bunga Ervinasari
2. Mimis Saputra
3. Nurhaliza
4. Nursyahfira
5. Rika Wulansari
6. Septia Ningrum
MAGANG II
📌Magang II merupakan proses pengamatan dan implementasi pembelajaran di sekolah dasar (SMP/SMA) melalui latihan mengembangkan perangkat pembelajaran dan pembelajaran terbimbing disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan Dosen Pembimbingan Lapangan (DPL) dan guru pamong yang dilaksanakan pada semester 5. Magang II dimaksudkan untuk memantapkan kompetensi akademi kependidikan dan bidang studi melalui berbagai bentuk aktivitas di sekolah. Kegiatan magang II biasanya dilaksanakan selama kurang lebih 1 Semester.
Magang II bertujuan agar peserta program magang 2 calon guru memiliki gambaran nyata terhadap kegiatan yang dilakukan oleh guru di sekolah yang akan menjadi profesi di masa yang akan datang sehingga peserta program magang 2 dapat mempersiapkan diri untuk berkarya sebagai guru di masa yang akan datang dengan lebih baik. Selain itu program ini juga dapat menjadi refleksi bagi peserta program magang 2 untuk tetap teguh memilih profesi sebagai guru atau memilih profesi yang lain.
📌Berikut Beberapa kegiatan yang dilakukan :
– Pengamatan Kompetensi Guru (Pedagogik, Profesional, Kepribadian, dan Sosial)
– Telaah Kurikulum
– Telaah Strategi Pembelajaran
– Telaah Sistem Evaluasi Guru
– Keterlibatan dalam Melaksanakan Tugas-tugas Pendampingan Peserta Didik dan Kegiatan Pendampingan Ekstrakulikuler
– Keterlibatan dalam Melaksanakan Tugas Administrasi Guru
– Keterlibatan dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran
📌Berikut Waktu dan Tempat Pelaksanaan
– Tgl Pelaksanaan: Rabu, 22 September 2021 S/d Selasa, 13 Desember 2021
– Lokasi : SMK NEGERI KESEHATAN DAN PARIWISATA
📌Berikut Nama-Nama yang terkait dalam hal ini.
– Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bangkinang Kota: NASRUN, S.Pd
– Dosen Pembimbing : Ibu Astuti, M.Pd.
– Peserta Magang II Semester 5:
1. Gita lestari
2. Bela amelia
3. Maya da al ismi
4. Julianis
5. Saufi zikri
6. Heri irawan
SMK Negeri Kesehatan dan Pariwisata. 2021
MAGANG II SMK Negeri Kesehatan dan Pariwisata. 2021
✓Magang II adalah kegiatan lanjutan dari Magang I, yang merupakan kegiatan mahasiswa di sekolah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran, sistem evaluasi, RPP yang baik, pengembangan media pembelajaran, bahan ajar dan perangkat evaluasi.
✓Berikut Keterangan Waktu dan Tempat.
– Waktu Pelaksanaan : November 2021-Januari 2022
– Lokasi : SMK Negeri Kesehatan dan Pariwisata
✓Nama-Nama yang terkait dalam hal ini.
– Kepala Sekolah SMK Negeri Kesehatan dan Pariwisata: Bapak Nasrun, S.Pd., M.M
– Dosen Pembimbing : Ibu Astuti, M.Pd.
– Peserta Magang II Semester 5:
1. Puja Marliana
2. Salsa Fitri Annisa
3. Nurul Istiqomah
4. Hilma M.Z
5. Riski Yusri Farmansyah
PPL
PPL
📌Program pengalaman lapangan atau PPL keguruan dan kependidikan merupakan kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa dalam rangka menerapkan dan meningkatkan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang menyangkut pengetahuan keterampilan sikap dan perilaku perguruan dengan segala aspeknya yang dialami secara nyata di sekolah latihan. Kegiatan PPL ini berlangsung selama satu Semester.
Adapun tujuan PPL untuk membentuk calon guru profesional memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian.
📌Berikut Waktu dan Tempat Pelaksanaan
– Tgl Pelaksanaan: 26 Oktober 2022 S/d 20 Desember 2022
– Lokasi : SMAN 1 KUOK
📌Berikut Nama-Nama yang terkait dalam hal ini.
– Kepala Sekolah SMAN 1 KUOK: Bapak Addinul Adli, M.Pd.
– Dosen Pembimbing Lapangan: Ibu Dr. Citra Ayu, M.Pd.
– Peserta PPL Semester 7 :
1. Septia Ningrum
2. Rika Wulan Sari
3. Nurhasela
4. Hasfira
5. Meisy Marelda
6. Risky yusri farmansyah
7. Rusfi Mai Fadil
PPL
📌Program pengalaman lapangan atau PPL keguruan dan kependidikan merupakan kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa dalam rangka menerapkan dan meningkatkan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang menyangkut pengetahuan keterampilan sikap dan perilaku perguruan dengan segala aspeknya yang dialami secara nyata di sekolah latihan. Kegiatan PPL ini berlangsung selama satu Semester.
Adapun tujuan PPL untuk membentuk calon guru profesional memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian.
Program PPL ditujukan kepada semua mahasiswa calon guru pada Universitas pahlawan Tuanku Tambusai yang telah memenuhi persyaratan untuk menempuh mata kuliah PPL dalam rangka mengintegrasikan antara teori yang dipelajari di bangku kuliah ke dalam kehidupan nyata sehingga nantinya dapat mempersiapkan lulusan yang mampu mengganggu profesi keguruan secara utuh mengembangkan dan memadukan pengetahuan teori dengan keadaan sebenarnya atau kenyataan.
📌Berikut Beberapa Kegiatan yang dilakukan peserta PPL:
– Melakukan Persiapan Perangkat Pembelajaran
– Melakukan Proses Pembelajaran
– Melakukan Evaluasi Pembelajaran
– Membuat Jurnal Kegiatan PPL
– Ikut Serta dalam Kegiatan Pengembangan Diri Siswa/i
– Ikut Serta dalam Kegiatan Pengembangan Prestasi Sekolah dan Kegiatan Pendukung Lainnya.
– Dll.
📌Berikut Waktu dan Tempat Pelaksanaan
– Tgl Pelaksanaan: 26 September 2022 S/d 16 Desember 2022
– Lokasi : SMA Negeri 1 Bangkinang Kota
📌Berikut Nama-Nama yang terkait dalam hal ini.
– Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bangkinang Kota: Bapak M. Hendra Yunal, S.Pd.I., M.Si.
– Dosen Pembimbing Lapangan: Ibu Putri Asilestari , M.Pd.
– Peserta PPL Semester 7 :
1. Nurhaliza
2. Alpan Hairi
3. Hafizul Akbar
4. Fenny Indriyani
5. Yusnani
PPL
PPL
📌Program pengalaman lapangan atau PPL keguruan dan kependidikan merupakan kegiatan akademik yang dilakukan mahasiswa dalam rangka menerapkan dan meningkatkan kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang menyangkut pengetahuan keterampilan sikap dan perilaku perguruan dengan segala aspeknya yang dialami secara nyata di sekolah latihan. Kegiatan PPL ini berlangsung selama satu Semester.
Adapun tujuan PPL untuk membentuk calon guru profesional memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian.
Program PPL ditujukan kepada semua mahasiswa calon guru pada Universitas pahlawan Tuanku Tambusai yang telah memenuhi persyaratan untuk menempuh mata kuliah PPL dalam rangka mengintegrasikan antara teori yang dipelajari di bangku kuliah ke dalam kehidupan nyata sehingga nantinya dapat mempersiapkan lulusan yang mampu mengganggu profesi keguruan secara utuh mengembangkan dan memadukan pengetahuan teori dengan keadaan sebenarnya atau kenyataan.
📌Berikut Beberapa Kegiatan yang dilakukan peserta PPL:
– Melakukan Persiapan Perangkat Pembelajaran
– Melakukan Proses Pembelajaran
– Melakukan Evaluasi Pembelajaran
– Membuat Jurnal Kegiatan PPL
– Ikut Serta dalam Kegiatan Pengembangan Diri Siswa/i
– Ikut Serta dalam Kegiatan Pengembangan Prestasi Sekolah dan Kegiatan Pendukung Lainnya.
– Dll.
📌Berikut Waktu dan Tempat Pelaksanaan
– Tgl Pelaksanaan: 26 Oktober 2022 S/d 20 Desember 2022
– Lokasi : Ponpes MAS Mualimin Muhammadiyah Bangkinang Kota
📌Berikut Nama-Nama yang terkait dalam hal ini.
– Kepala Sekolah MAS Mualimin Muhammadiyah Bangkinang Kota: Bapak Martinus, M.A.
– Dosen Pembimbing Lapangan: Ibu Dr. Molli Wahyuni, M.Pd.
– Peserta PPL Semester 7 :
1. M. Khairul Nizam
2. Mimis Saputra
3. Firmadini
4. Mira Elviana
5. Elvi Widuri
6. Oktiva Tisnasari
7. Putri Ernalira
8. Muhammad Saddam
9. Rahmat Junaidi
10. Maido Pratama
11. Yuzamri Fajri
PPL SMK NEGERI 1 KUOK TAHUN 2022
PPL SMK NEGERI 1 KUOK TAHUN 2022
✓Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan untuk mempraktikkan kemampuannya dalam pembelajaran di sekolah mitra. PPL merupakan mata kuliah serta kegiatan intrakurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk pengaplikasian teori yang didapat dibangku kuliah. Tujuannya adalah pembekalan dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik. Kegiatan yang dilakukan meliputi orientasi dan adaptasi, diskusi dan revisi perangkat pembelajaran, praktik pembelajaran, pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dan melaksanakan tugas profesi.
✓Berikut Keterangan Waktu dan Tempat.
– Waktu Pelaksanaan : September-Desember 2022
– Lokasi : SMK Negeri 1 Kuok
✓Berikut Nama-Nama yang terkait dalam hal ini.
– Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kuok: Ibuk Nurnaningsih, M.Pd
– Dosen Pembimbing Lapangab: Bapak Dr. Jufrianis, M.Pd
– Peserta PPL Semester 7:
1. Puja Marliana
2. Dwike Nur Utami
3. Putri Erlangga
4. Nurhersyah Fitri
5. Muhammad Aldi
6. L. Mohd. Akmal
7. Riski Aninda Putri
8. Salsa Sabilla Julianti