Program studi Pendidikan Matematika FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran mahasiswa strata satu (S1). Program studi Pendidikan Matematika FIP Universitas Pahlawan didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 39/E/O/2012. Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 2918/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018 menyatakan bahwa Program Studi Pendidikan Matematika, Pada Program Sarjana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai terakreditasi dengan peringkat “Terakreditasi B”.

Program studi Pendidikan Matematika mempunyai visi “Menjadi Program Studi pencetak guru matematika yang berkualitas dan berorientasi kewirausahaan di Indonesia tahun 2037 ”. untuk merealisasikan visinya, program studi Pendidikan matematika mempunyai misi: (1) Menyelenggarakan program pengajaran yang menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang berkualitas (berkualitas pedagogik, berkualitas kepridian, berkualitas profesional dan berkualitas sosial); (2) Menggiatkan penelitian yang inovatif dan kompetitif dibidang pendidikan matematika yang bersifat edupreneur untuk menciptakan guru yang berwirausaha; (3) Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu pendidikan matematika sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat; (4) Meningkatkan daya saing staf pengajar dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; (5) Membangun jejaring dan kemitraan yang bersifat edupreneur pada tingkat lokal, nasional dan internasional.
Dalam upaya merealisasikan visi dan misinya, program studi Pendidikan Matematika berupaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses belajar mengajar dengan melakukan perencanaan, perbaikan, dan pengembangan program secara berkala dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh sivitas akademika untuk meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, manajemen internal, sustainabilitas, efisiensi dan produktivitas program studi. Relevansi dan kompetensi program studi Pendidikan Matematika dilakukan dengan mengembangkan kurikulum yang menekankan pada kompetensi profesional, individual dan sosial yang diintegrasikan secara kontekstual. Kurikulum diimplementasikan melalui proses pembelajaran dengan mempertimbangkan peningkatan kemampuan yang secara berkala dievauasi dengan melibatkan berbagai pihak yang berkompeten.
Proses pembelajaran yang dilakukan di program studi Pendidikan Matematika didukung oleh tenaga akademik dengan seluruhnya telah berlatar belakang pendidikan S2 dan dua orang sedang melaksanakan studi S3. Prestasi akademik dosen program studi Pendidikan Matematika sangat bagus ditunjukkan dengan setiap tahun meraih hibah penelitian dari dikti. Selain itu dosen program studi Pendidikan Matematika ikut serta dalam organisasi keprofesionalan dalam rangka meningkatkan keprofesionalannya dibidang Pendidikan Matematika.
VISI
Menjadi Program Studi Pendidikan Matematika yang unggul di Sumatera dalam menghasilkan guru matematika yang berkualitas dan berorientasi kewirausahaan pada tahun 2022
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing kreatifitas, profesional dan kewirausahaan.
- Menggiatkan penelitian yang inovatif dan kompetitif dibidang pendidikan matematika.
- Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu pendidikan matematika sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.
- Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola yang baik (Good University Governance)
- Membangun jejaring dan kemitraan pada tingkat lokal, nasional dan internasional.
Jumlah Mahasiswa
- TA 2018/2019
- TA 2019/2020
- TA 2018/2019
- TA 2019/2020
Jumlah Alumni
- Tahun 2018
- Tahun 2019
- Tahun 2018
- Tahun 2019
Di Universitas Pahlawan ada beberapa bentuk Beasiswa yang di berikan kepada mahasiswa:
- Beasiswa PPA (Penigkatan Prestasi Akademik) Beasiswa ini diberikan dari DIKTI melalui Koperti wilayah X
- Beasiswa Bidikmisi Alokasi Khusus, Beasiswa dari Anggota DPR RI Dapil Riau
- Beasiswa Propinsi
- Beasiswa dari Universitas Pahlawan
Setelah menyelesaikan pendidikan di program studi pendidikan matematika, alumni dapat bekerja sebagai:
- Tenaga Pendidik yang profesional dan berkemampuan mengajar berbasis teknologi sehingga mampu melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu dan relevan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat di era globalisasi
- Asisten Peneliti Pendidikan Matematika yaitu orang yang membantu melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yg dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.
- Praktisi Pendidikan yang berperan sebagai konselor, pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar.
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
I | KU 101 | PENDIDIKAN AGAMA | 2 |
KU 102 | BAHASA INDONESIA | 2 | |
DP 101 | LANDASAN PENDIDIKAN | 2 | |
PMT 101 | KALKULUS 1 | 3 | |
PMT104 | PENGANTAR DASAR MATEMATIKA | 3 | |
PMT 102 | KIMIA DASAR 1 | 2 | |
PMT 103 | FISIKA DASAR 1 | 2 | |
PMT 111 | GEOMETRI ANALITIK BIDANG DAN RUANG | 3 | |
JUMLAH | 19 | ||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
II | KU 203 | WAWASAN BUDAYA MELAYU | 2 |
DP 202 | FILSAFAT PENDIDIKAN | 2 | |
DP 203 | PEDAGOGIKA | 2 | |
PMT 210 | TEORI BILANGAN | 2 | |
PMT 207 | KIMIA DASAR 2 | 2 | |
PMT 208 | FISIKA DASAR 2 | 2 | |
PMT 205 | BIOLOGI UMUM | 2 | |
PMT 209 | STATISTIKA DASAR | 3 | |
PMT 206 | KALKULUS 2 | 3 | |
JUMLAH | 20 | ||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
III | KU 304 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 |
KU 305 | PENDIDIKAN LINGKUNGAN SOSIAL BUD DAN TEK | 2 | |
DP 304 | BIMBINGAN KONSELING | 2 | |
DP 305 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2 | |
PMT 313 | KALKULUS LANJUT | 3 | |
PMT 316 | B.INGGRIS MATEMATIKA | 2 | |
PMT 318 | STATISTIK AMTEMATIKA 1 | 3 | |
PMT 319 | ANALISIS RILL 1 | 3 | |
DP 406 | INOVASI PENDIDIKAN | 2 | |
JUMLAH | 21 | ||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
IV | KU 406 | PENDIDIKAN KEWARGENEGARAAN | 2 |
DP 407 | KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN | 3 | |
PMT 417 | STRUKTUR ALJABAR | 3 | |
PMT 414 | STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS IT | 3 | |
PMT.433 | MAGANG 1 | 2 | |
PMT 415 | MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS IT | 3 | |
PMT 421 | GEOMETRI TRANSPORMASI | 3 | |
PMT 423 | STATISTIK MATEMATIKA 2 | 3 | |
JUMLAH | 22 | ||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
V | KU 507 | KEWIRAUSAHAAN | 2 |
DP 508 | PENGELOLAAN PENDIDIKAN | 2 | |
PMT 527 | METODE NUMERIK | 3 | |
PMT.534 | MAGANG 2 | 2 | |
PMT529 | PROGRAM LINIER | 3 | |
PMT 530 | PERSAMAAN DIFERENSIAL | 3 | |
PMT 528 | MATEMATIKA DISKRIT | 3 | |
PMT531 | ANALISIS KOMPLEKS | 3 | |
JUMLAH | 21 | ||
UNTUK PEMINATAN ASISTEN PENELITI PENDIDIKAN MATEMATIKA | |||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
VI | KU 608 | KULIAH KERJA NYATA | 2 |
DP 609 | PENDIDIKAN KARAKTER | 2 | |
DP 610 | METODOLOGI PENELITIAN | 3 | |
PMT 626 | TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA SMP/SMA | 3 | |
PMT 633 | SEMINAR MATEMATIKA | 3 | |
PMT 624 | PENELITIAN TINDAKAN KELAS* | 3 | |
PMT 634 | MICRO TEACHING | 3 | |
PMT.622 | ANALISIS RILL 2 | 3 | |
JUMLAH | 22 | ||
UNTUK PEMINATAN EDUPRENEUR | |||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
VI | KU 608 | KULIAH KERJA NYATA | 2 |
DP 609 | PENDIDIKAN KARAKTER | 2 | |
DP 610 | METODOLOGI PENELITIAN | 3 | |
PMT 626 | TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA SMP/SMA | 3 | |
PMT 633 | SEMINAR MATEMATIKA | 3 | |
PMT 639 | DASAR-DASAR MANAJEMEN** | 3 | |
PMT 634 | MICRO TEACHING | 3 | |
PMT.622 | ANALISIS RILL 2 | 3 | |
JUMLAH | 22 | ||
UNTUK PEMINATAN ASISTEN PENELITI PENDIDIKAN MATEMATIKA | |||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
VII | PMT.720 | ALJABAR LINIER | 3 |
PMT 737 | PENELITIAN PENGEMBANGAN* | 3 | |
PMT 712 | ALJABAR MATRIKS | 2 | |
PMT 725 | EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS IT | 2 | |
PMT 732 | PENELITIAN KUANTITATIF* | 3 | |
DP.711 | PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) | 4 | |
JUMLAH | 17 | ||
UNTUK PEMINATAN EDUPRENEUR | |||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
VII | PMT.720 | ALJABAR LINIER | 3 |
PMT 738 | MANAJEMEN PEMASARAN** | 3 | |
PMT 712 | ALJABAR MATRIKS | 2 | |
PMT 725 | EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA | 2 | |
PMT 740 | MATEMATIKA KEUANGAN** | 3 | |
DP.711 | PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) | 4 | |
JUMLAH | 17 | ||
SMTR | KODE | MATA KULIAH | SKS |
KU 809 | SKRIPSI | 6 | |
JUMLAH | 6 | ||
JUMLAH TOTAL SKS | 148 |