Akrabisasi PGSD UP: Kenali Lingkungan Akademik dan Non Akademik Kampus Bagi Mahasiswa Baru

universitaspahlawan.ac.id, UP – Sebanyak 230 mahasiswa baru Program Studi (Prodi) S1 PGSD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) mengikuti kegiatan Akrabisasi, Minggu, 05 September 2021.

“Acara ini sangat penting dilakukan mengingat jumlah mahasiswa baru PGSD cukup banyak yang terdiri dari 5 kelas. Agar prodi memperkenalkan mahasiswa yang berbeda kelas maupun beda angakata. Selain itu, agar mahasiswa bisa saling mengenal juga tentang senior mereka termasuk dengan dosen dan alumni PGSD UP yang hadir.” Tutur Rizki Ananda, M.Pd., Selaku Ketua Prodi S1 PGSD.

Kegiatan dimulai ditandai dengan Gunting Pita oleh ketua prodi S1 PGSD, kemudian mahasiswa baru mengikuti arahan dan penujuk senior untuk mulai jalan dari Lapangan Basket UP menuju Hutan Pinus dan mengikuti games lainnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Prodi PGSD kembali mengarahkan mahasiswa Baru agar mengambil peran dan tanggung jawab sebagai mahasiswa, sehingga mereka pantas disebut sebagai mahasiswa. Kesempatan tersebut juga memberitahukan dan memberi pemahaman kepada mahasiswa baru tentang perbedaan antara mahasiswa dan siswa.

“Mulai dari model belajarnya, lingkungan akademiknya, hingga tanggung jawab dan peran mahasiswa yang jauh lebih besar. Dalam pelaksanaan kegiatan, Panitia mengadakan beragam games yang berlangsung di Hutan Pinus Cadika. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar.” Tambah Ketua Prodi ini.

“Acara keakraban ini dilakukan dengan konsep Jelajah Alam yang titik kumpulnya dimulai dari lapangan Basket UP dan berakhir di Hutan Pinus Cadika dengan jarak tempuh lebih kurang 3.5 KM.” Tambah Ayang Okta Winiesta, ketua Hima S1 PGSD 2020/2021.

Dalam sambutannya, ketua HIMA juga menekankan kepada Junior PGSD 2021 untuk menjaga standar etika 5S (senyum, sapa, salam, sopan santun) dalam berkomunikasi, bersosialisasi, dan berinteraksi dengan seluruh warga kampus UP ke depannya.

Ayang Okta menyebutkan bahwa acara yang dilaksanakan berlangsung dengan penuh kehangatan dan keakraban. Ia juga berharap agar kegiatan ini dapat melatih kekompakan, solidaritas, dan keakaraban dengan melibatkan Dosen, Alumni, Panitia, serta seluruh mahasiswa baru.

DOKUMENTASI KEGIATAN