Sosialisasi Program Hibah Bina Desa tahun 2018 (PHBD)


osialisasi Program Hibah Bina Desa tahun 2018 ( PHBD) oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Pahlawan Ibuk Ns. Hj. Apriza, M. Kep. yang dilaksanakan pada hari jum’at di ruang serbaguna kampus (02/03/18).

Proses pembelajaran di perguruan tinggi harus mampu mengembangkan soft skills dan hard skills mahasiswa serta mampu membangkitkan, menumbuhkan, dan mengembangkan kedua dimensi keterampilan tersebut. Soft skills mahasiswa dapat dikembangkan melalui berbagai program, salah satunya melalui tugas atau program pemberdayaan masyarakat desa. Sehubungan dengan itu Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk terjun membangun desa, melalui Program Hibah Bina Desa (PHBD).

PHBD yang dimulai sejak tahun 2011 adalah pelaksanaan pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh mahasiswa dan sekaligus merupakan implementasi dari konsep Bela Negara yang dalam pelaksanaannya terus mengalami peningkatan, baik jumlah proposal, kuota hibah maupun jumlah organisasi mahasiswa dan perguruan tinggi pengusul. Program ini akan terus ditingkatkan kualitasnya agar dapat lebih memberikan motivasi dan menumbuhkan kepedulian mahasiswa dalam memberikan kontribusi pada pembangunan desa.

Lingkup bidang PHBD meliputi pendidikan, pertanian, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan. Kegiatan yang diusulkan harus bersifat strategis dan berkelanjutan berdasarkan potensi dan identifikasi masalah masyarakat serta memiliki roadmap yang jelas yang menggambarkan partisipasi masyarakat, perguruan tinggi, pemerintah daerah, dunia usaha/industri.

Alhamdulillah tahun 2018 Universitas Pahlawan berkesempatan untuk mengikuti dan harus memenangkan PHBD ini dan saya berharap tahun ini kita bisa mengirim 10 proposal ataupun lebih ungkap kata dari ketua LPM Ns. Hj. Apriza, M. Kep.