Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Tekan Angka Pergaulan Bebas Pada Remaja Kabupaten Kampar

Universitaspahlawan.ac.id , UP – Mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) mengadakan penyuluhan kesehatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), Jumat (29/11) 2019.

“Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, angka pergaulan bebas di Indonesia juga semakin meningkat. Dengan demikian sebagai mahasiswa kesmas saya mengapresiasi kegiatan ini, menurut saya kegiatan ini sangat bermanfaat, sebagai calon sarjana kesmas, mahasiswa sudah menerapkan sikap pencegahan menangani masalah kesehatan” tutur Ade Dita Puteri, MPH., selaku Ketua Prodi Kesmas UP.

Beliau juga menuturkan bahwa data penelitian Pusat Studi Kependudukan (PSKK) mengenai kelakuan remaja yang hamil dan melakukan upaya aborsi mencapai 58 %. Dari potret tersebut mahasiswa kesmas memang sudah seharusnya melakukan kegiatan penyuluhan mengenai pergaulan bebas agar dapat mencegah dan menekan dampak negatif dari kenakalan remaja.

“Penyuluhan ini bertemakan Generasi Cerdas Tanpa Pergaulan Bebas, Kami dari Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat menjelaskan dan mensosialisasikan mengenai bahaya pergaulan bebas di sebelas Sekolah Menengah Atas (SMA)”, tutur Muhammad Rusdi, Mahasiswa S1 Kesmas yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Mahasiswa semester 3 ini juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah terlaksana. Ia mengakui bahwa penyuluhan ini mendapat respon positif dari sekolah-sekolah yang telah di datangi. SMA yang di datangi juga memberikan dukungan dengan memfasilitasi mahasiswa UP dengan menyiapkan peralatan presentasi.

Dokumentasi Kegiatan