Universitas Pahlawan dan IPB University Jalin Kerjasama Strategis untuk Pengembangan Kebun Raya Hortus Botanicus

universitaspahlawan.ac.id , UP – Akhmad Arifin Hadi, dari Departemen Arsitektur Lanskap IPB University, melakukan kunjungan ke Universitas Pahlawan dalam rangka implementasi kerjasama yang sudah terjalin antara kedua universitas. Bersama-sama dengan Rektor Universitas Pahlawan, Prof. Dr. Amir Luthfi, dan Tim Percepatan Pembangunan Kebun Raya Hortus Botanicus, merencanakan survei lanskap sebagai bagian dari upaya pengembangan Kebun Raya.

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh antusias, Akhmad Arifin Hadi menyampaikan rencana strategis ini sebagai langkah penting dalam menciptakan keunikan dan daya tarik tersendiri bagi Universitas Pahlawan. Jika rencana ini berhasil, Universitas Pahlawan akan menjadi satu-satunya universitas swasta yang memiliki Hortus Botanicus.

Tim Percepatan Pembangunan Kebun Raya Hortus Botanicus Universitas Pahlawan akan melakukan survei lanskap untuk mengidentifikasi potensi pengembangan dan peningkatan area Kebun Raya. Survei ini mencakup aspek-aspek seperti tata ruang, jenis tanaman yang cocok, dan perencanaan arsitektur lanskap yang mendukung keberlanjutan lingkungan.

Akhmad Arifin Hadi, yang memiliki pengalaman luas dalam bidang arsitektur lanskap, berbagi pandangannya tentang bagaimana pengembangan Kebun Raya Hortus Botanicus dapat menjadi investasi jangka panjang bagi kedua universitas. “Kebun Raya bukan hanya tempat wisata, tetapi juga menjadi pusat pendidikan dan riset untuk keanekaragaman hayati. Dengan implementasi rencana ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang edukatif dan inspiratif,” ujar Beliau.

Prof. Dr. Amir Luthfi, Rektor Universitas Pahlawan, menyambut baik kolaborasi ini dan menyatakan bahwa pengembangan Kebun Raya Hortus Botanicus akan memberikan dampak positif bagi seluruh komunitas akademis. “Kami berkomitmen untuk menghasilkan lingkungan yang berkelanjutan dan mempromosikan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati. Kerjasama dengan IPB University melalui Akhmad Arifin Hadi ini saya rasa akan membawa kita ke arah yang lebih baik dalam mewujudkan pembangunan kebun raya sebagai hutan konservasi pendidikan,” tutur Beliau.

Kerjasama antara IPB University dan Universitas Pahlawan diharapkan dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lainnya untuk bersama-sama mengembangkan potensi sumber daya alam dan meningkatkan kontribusi mereka terhadap pelestarian lingkungan.]

DOKUMENTASI KEGIATAN 1

DOKUMENTASI KEGIATAN